Kemarau, Sungai Kelekar Alami Pendangkalan

PDAM Tirta Ogan saat tengah melakukan pendalaman pipa air

PDAM Tirta Ogan saat tengah melakukan pendalaman pipa air

INDERALAYA – Musim kemarau yang berkepanjangan mengakibatkan Sungai Kelekar di Kabupaten Ogan Ilir (OI), mengalami penyusutan hingga satu meter lebih.

Hal tersebut sempat mengganggu distribusi air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Tirta Ogan kepada 6.000 pelanggan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihak PDAM terpaksa memperdalam saluran pipa air sedalam lima meter.

“Ya, meski musim kemarau, kapasitas produksi kita tidak terganggu karena kita telah membersihkan pipa sekaligus memperdalam pipa yang tertanam di Air Baku,” ujar Direktur PDAM Tirta Ogan, Zulkarnain, Kamis (16/10), kemarin.

Zulkarnain menambahkan, sebelumnya pipa air baku PDAM Tirta Ogan memiliki kedalaman sepanjang empat meter. Lantaran musim kemarau, pihaknya menambah kedalaman pipa untuk mengantisipasi kekurangan suplai air dari sungai ke pengelolaan air bersih (booster) PDAM selama menghadapi musim kemarau.

“Produksi air tetap 40 liter perdetik setiap hari selama mesin pengelolaan menyala. Kita berharap musim kemarau cepat berakhir. Untuk pelanggan tidak perlu khawatir, kami semaksimal mungkin melakukan yang terbaik agar pelanggan tetap mendapatkan air meski musim kemarau,” pungkasnya.

 

Teks   : Junaedi Abdillah

EDITOR  : SARONO P SASMITO




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *