“Ya Allah Turunkan Hujan”

Shalat Istisqa : Ribuan masyarakat Empat Lawang, Rabu (15/10), menggelar Shalat Istisqa di Halaman Pemkab Empat Lawang untuk meminta hujan sehingga kabut asap yang menyelimuti Sumsel khususnya Empat Lawang segera menghilang. | Foto : Saukani/KS

Shalat Istisqa : Ribuan masyarakat Empat Lawang, Rabu (15/10), menggelar Shalat Istisqa di Halaman Pemkab Empat Lawang untuk meminta hujan sehingga kabut asap yang menyelimuti Sumsel khususnya Empat Lawang segera menghilang. | Foto : Saukani/KS

EMPAT LAWANG –  “Ya Allah, turunkan hujan”, doa inilah yang dipanjatkan ribuan masyarakat di Kabupaten Empat Lawang mulai dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), pelajar, ulama, dan masyarakat saat menggelar Shalat Istisqa di halaman Kantor Pemkab Empat Lawang, Rabu (15/10).

Shalat dan doa meminta hujan ini, di imami Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Empat Lawang, M Toha dan dihadiri Plt Sekda Empat Lawang, Aminudin Bahar dan para pejabat di lingkungan Pemkab Empat Lawang.

Usai shalat, ribuan masyarakat Empat Lawang ini bersama-sama memanjatkan doa agar Allah SWT menurunkan hujan sehingga kabut asap yang mulai pekat di Empat Lawang dan Sumsel bisa menghilang.

Dalam tausiyah nya, M Toha mengingatkan semua jemaah akan posisi manusia yang lemah di hadapan Allah SWT. Itu jelas Toha, ditunjukkan dengan kemarau panjang dan kabut asap yang menyelimuti hampir semua wilayah Sumsel.

Terlepas dari kerusakan itu karena ulah manusia jelasnya, kabut asap ini menunjukkan kepada umat manusia agar hidup di muka bumi itu tidak sombong, tidak congkak, karena Allah akan marah kepada umatnya apabila sombong dan congkak.

“Dalam surat Annur ayat 31, sudah diajarkan kepada kita hendaknya kita bertobat dengan perbuatan yang selama ini kita lakukan. Mari kita tanamkan menjadi makhluk kesayangan Allah SWT,” ajak Toha.

Bagaimana cara menjadi makhluk kesayangan Allah SWT ? caranya simple, yakni menjalankan perintah Nya dan menjauhi semua larangan Nya. “Sebagai umat kita harus pandai bersyukur, dengan bersyukur dapat merubah mental manusia menjadi kuat. Kuat akan ujian Allah SWT, sebab hanya Allah sebagai penolongnya,” ungkapnya.

Sebelumnya Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA) melalui Kabag Kesra H Jusman mengatakan, Pemkab Empat Lawang memang sudah merencanakan menggelar Shalat Istisqa.

“Kebetulan ada surat edaran dari gubernur, yang meminta semua kabupaten/kota di Sumsel untuk menggelar Shalat Istisqa secara serentak. Surat itu, langsung kita tindaklanjuti dengan menggelar Shalat Istisqa, hari ini. Ini penting, untuk bersama-sama bermunajat kepada Allah agar diturunkan hujan. Apalagi, Bencana asap yang melanda Sumsel, cukup meresahkan masyarakat,” tukasnya.

 

TEKS           : SAUKANI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *