Tumpukan Material Ancam Pengendara

PAGARALAM – Minimnya pengawasan terhadap ulah sejumlah kontraktor yang seenaknya menumpuk material bangunan maupun tanah galian di badan jalan, tanpa dilengkapi rambu-rambu atau tanda peringatan, dinilai sangat menganggu kenyamanan dan dapat mengancam keselamatan pengendara saat melintas.

Adapun tumpukan material bangunan di badan jalan tanpa dilengkapi rambu peringatan tersebut berada  di Jalan Lingkar Tebat Giri Indah, Kecamatan Pagaralam Selatan.

Denan (35) warga setempat mengatakan, tumpukan batu kali, pasir dan tanah galian  di sepanjang jalan lingkar Tebat Giri Indah Kecamatan Pagaralam Selatan, diniali sangat menganggu kenyamanan pengendara saat melintas dijalur tersebut. Apalagi ruas badan jalan yang ada tergolong sempit, bahkan sangat membahayakan pengendara saat melintas diwaktu malam hari.

“Ya, sudah sempit lampu penerangan jalan pun belum ada. Sehingga sangat membahayakan pengendara saat melintas di malam hari,” kata Denan dengan nada sedikit geram, kemarin (15/10).

Termasuk Irawan, warga lainnya pun menyayangkan bila hal itu terjadi tanpa ada tindakan dari pihak-pihak terkait. Ia mengatakan, tumpukan material bangunan itu hampir memenuhi setengah badan jalan. Bahkan dalam beberapa hari lalu sudah ada pengendara yang tergelincir saat melintas di jalur tersebut.

“Diminta agar dinas terkait agar dapat menegur ulah kontraktor yang seenaknya menumpuk material bangunan hingga ke badan jalan tanpa diengkapi rambu atau tanda peringatan,” pintahnya.

Terpisah, Lurah Tebat Giri Indah, Surmida  SE mengakui hal itu. Ia mengatakan, saat ini memang ada pembangunan dreinase di sepanjang jalan lingkat Tebat Giri Indah, Kecamatan Pagaralam Selatan. Kendati demikian, pihaknya tidak dapat berbuat banyak karena hal itu bukan menjadi wewenangnya.

“Kita tetap akan menegur pihak kontraktor agar tidak menumpuk material hingga kebadan jalan demi keamanan dan kelancaran arus lalu lintas di jalur tersebut,” singkatnya.

Ditambahkan Camat Pagaralam Selatan, M Helmi SE MM, pihaknya akan menegur pihak pelaksana proyek agar dapat memberi tanda rambu pada setiap tumpukan material yang ada agar pengendara dapat berhati-hati saat melintas.

“Ya, kita akan menegur pelaksana proyek agar dapat tertib menumpuk material yang ada. Namun jika hal itu belum tidak di indahkan, maka kita terpaksa akan membuat laporan kepada Dinas Perhubungan dan Satuan Lalu Lintas Polres Pagaralam agar ulah kontarkator dapat segera dicegah demi kelancaran lalu lintas di jalur tersebut,”  tegasnya.

 

TEKS     : ANTONI STEFEN

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *