Seleksi CPNS PALI Digelar di Kanreg BKN VII

PALEMBANG – Kepala Kantor Regional (Kanreg) Badan Kepegawaian Negara (BKN) VII Palembang, Pramono Widyo Utomo memastikan, seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CNPS) tahun 2014 dari Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), akan digelar di Kanreg BKN VII Palembang, Jakabaring.

Pelaksanaan tes nya kata Pramono, akan dilaksanakan pada awal Desember mendatang. “Tesnya paling cepat 5 Desember mendatang,” kata Pramono yang dibincangi, Rabu (15/10) di ruang kerjanya.

Pramono menyebutkan, sebelumnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PALI menyurati Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB), agar pelaksanaan tes CPNS dialih kelolakan dari LPMP Sumsel ke BKN Regional VII Palembang.

Kemenpan dan RB jelas Pramono, menyetujui permintaan Pemkab PALI tesebut sehingga pelaksanaan seleksi CPNS untuk Kabupaten PALI dialihkan ke Kanreg BKN VII. Bagaimana dengan kabupaten/kota lain di Sumsel ?

Pramono menyebut, sampai saat ini baru Kabupaten PALI yang dipastikan pelaksanaan seleksi CPNS nya dilaksanakan di Kanreg BKN VII. “Sebenarnya ada dua kabupaten lain, yang juga meminta pelaksanaan seleksi CPNS dilaksanakan di BKN II yakni Kabupaten Muratara dan OKU Selatan. Tetapi surat kedua kabupaten ini ke Kemenpan dan RB, belum ada balasan,” ujarnya.

“Sebenarnya kami berharap pelaksanaan tes dua kabupaten itu, dilakukan secara sharing dengan daerah yang menggelar mandiri seperti Lubuklinggau dan Muaraenim. Tetapi itu semua tergantung Kemenpan dan RB, “ jelasnya.

Ia menerangkan, apabila tes CPNS ke tiga Kabupaten itu dilaksanakan di Kanreg BKN VII Palembang, dipastikan jadwal pelaksanaan tes akan semakin panjang dan diprediksi baru akan selesai digelar pada Februari 2015 mendatang.

Padahal sebutnya, kabupaten dapat menyediakan dan menggelar tes secara mandiri. Mereka hanya perlu menyediakan sejumlah komputer, yang bisa dipinjam sementara waktu dari beberapa SKPD yang ada di daerah tersebut.

“Tinggal menyediakan kabel saja, sedangkan untuk server juga bisa pinjam di Kanreg BKN. Sistem tesnya kan offl ine, jadi tidak memerlukan jaringan internet sehingga tidak ada alasan akan terganggu karena sinyal dan jaringan,” bebernya.

Ditanya berapa banyak peserta CPNS ? Pramono menjawab, untuk Kabupaten PALI, petugas masih menyeleksi berkas yang di kirimkan pendaftar secara online. Dari 22 ribu peserta yang mendaftar secara online, hanya 21 ribu saja yang mengirimkan berkas.

 

TEKS           : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *