Puluhan Kali Mencuri Mr X Tewas Tertembus Peluru

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG – Spesialis pencuri tabung gas LPG ukuran 3 Kg, yang kerap beraksi di kawasan Jalan Padang Selasa, RT 22, Rw 08, tepatnya di depan SD Negeri 02 Kecamatan Ilir Barat I Palembang, akhirnya tewas meregang nyawa setelah ditembak pemilik rumah, yang merupakan seorang anggota kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel).

Kini Jasad tersangka yang belum diketahui identitasnya itu, diterima petugas Kamar Mayat sekitar pukul 03.50 WIB, dan petugas langsung melakukan otopsi kepada jasad Mr X, di mana luka tembak di bawah dagu tembus ke kiri tembus ke samping kepala kiri di atas telingga kiri.

Sementara jasad Mr X dengan ciri-ciri tinggi badan 155 Cm, kulit sawo matang, mengenakan baju kaos hitam corak list putih, celana pendek parasut warna abu-abu list biru. Pelaku Mr X saat dievakuasi Tim Identifikasi Polresta sampai ke Kamar Mayat RSMH Palembang, mengenakan topeng dari baju kaos warna hitam, dan di bagian kaki jasad Mr X ini terdapat luka goresan benda tajam, diduga bekas pagar kawat berduri dari rumah korban.

Berdasarkan informasi di lapangan, Pelaku Mr X ini sudah lebih dari 10 kali mencuri di rumah korban yang ternyata keluarganya hampir semuanya anggota Polisi. Bahkan pelaku Mr X bersama rekannya, nekat tetap mencuri di waktu yang sama, walau rumah korban sudah terpasang pagar dengan kawat berduri termasuk beberapa unit CCTV terpasang, tidak membuat takut pelaku Mr X Cs ini.

Aksi pencurian yang dilakukan pelaku Mr X, diketahui istri korban M, seorang anggota polisi juga, hendak ke kamar kecil, saat itu melihat pelaku Mr X yang telah memanjat pagar kawat berduri dan telah membawa dua tabung gas, saat itu korban Iptu F, langsung menyergap.

Pelaku Mr X berusaha kabur dengan meloncat pagar, sempat terjadi hadang menghadang kepada pelaku lain, mengingat pelaku Mr X dan rekannya membawa senjata tajam (Sajam). Korban Iptu F memberikan tembakan peringatan sebanyak dua kali kepada Pelaku Mr X ini, tapi tembakan peringatan tak diindahkan.

“Malam itu suasana panik, kami hagang-hagangan, dia (pelaku Mr X-red) masuk ke dalam rumah ambil tabung gas, itu sudah sering, kami malu melapor terus sudah 3 kali Laporan Polisinya di Polsek Ib I, kepalingan terus” ujar korban IPTU F, yang juga mengalami luka di lengan akibat benda tajam.

Masih dikatakan korban IPTU F, yang ditemui usai berobat di RS Charitas. Menuturkan dirinya mengejar pelaku, akan tetapi pelaku Mr X sedang berusaha kabur dengan melewati tembok pagar yang sudah dipasang kawat berduri, di sinilah hagang-hagangan terjadi. “Waktu mau mengejar pelaku satu berhasil kabur, sementara dia (Mr X-red) berada di atas pagar, berhasil ditarik, “ jelasnya.

Akan tetapi, pelaku Mr.X berusaha melawan, di saat situasi malam, tiba-tiba lengan tangan kanan korban terluka ternyata terkena sajam pelaku Mr X, dan pelaku berusaha melepaskan tangannya dari korban, tak sengaja senjata Api (senpi) milik korban menembak pelaku, setelah korban mendapat perlawanan dari pelaku Mr X.

Menurut pantauan di lapangan, Pelaku Mr X, bersama rekannya, sudah beberapa kali mencuri tabung gas, jika ditafsir selama beraksi pelaku Mr X ini sudah berhasil mengambil 100 lebih tabung gas LPG ukuran 3 Kg, seperti kejadian pada tanggal 10/10/2014 dan tanggal 09/06/2014, sementara waktu hampir sama sekitar pukul 03.00 WIB,

“Pelaku ini sudah kelewatan, saat keluarga kami ada yang menghadap sakaratul maut, ee dia (Mr X-red) maling tabung gas, pernah juga saat bulan puasa, kalau tanggal 10 bulan 10 tadi dia maling 10 tabung, kalau hari ini kelang beberapa hari dia curi 2 tabung gas lagi sambil  make topeng” terang adik korban M.

Diungkapkan M jika pelaku Mr X ini pertama beraksi tidak menggunakan topeng, setelah mengetahui ada CCTV terpasang di areal rumah, kedua pelaku terutama pelaku Mr X masuk dengan meloncati pagar, langsung mencuri menggunakan topeng. Terbukti dari beberapa rekaman CCTV, pelaku Mr X mengenakan baju dan celana yang sama setiap beraksi.

Bahkan sebelum beraksi pelaku Mr X ini melihat situasi rumah korban terlebih dahulu bahkan pelaku ini sempat minum minuman kaleng yang disimpan di sebuah gudang.

Di Tempat Kejadian Perkaran (TKP), Petugas Polsek IB I Palembang, mengetahui kejadian tersebut langsung menuju ke TKP dan melakukan olah TKP dan lokasi sudah terpasang Polici Line. Sementara Jasad Mr X, sudah dibawa ke Kamar Mayat RSMH Palembang.

Kapolsek IB I Palembang. Kompol. Dwi Prasetyo W. Membenarkan jika pihaknya telah mengamankan lokasi dan melakukan olah TKP. “Benar ada kejadian pencurian malam sekitar pukul 03.30 WIB, pelaku tertembak mati, karena pelaku ini sudah sering mencuri tabung gas di rumah korban. Saat ini korban sudah melapor, dan akan kita tindak lanjuti, apalagi kegiatan pelaku ini sudah terekam CCTV,” ujar Kompol Dwi.

 

TEKS    : Oscar Ryzal

EDITOR   : SARONO P SASMITO

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *