Pembangunan Underpass Simpang Patal, Kepala Jembatan Segera Dipasang

Pembangunan Underpass Simpang Patal, Palembang. Foto | Iwan Cheristian KS

Pembangunan Underpass Simpang Patal, Palembang. Foto | Iwan Cheristian KS

PALEMBANG – Proyek pembangunan underpass Simpang Patal Pusri, terus dikebut. Saat ini proses penyelesaian abutment (tiruan), pondasi jembatan dibagian utama. Setelah selesai, tahapan selanjutnya adalah menaikkan gelagar atau kepala jembatan.

Akhir bulan ini menurut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Jalan Jenderal Sudirman Lingkar Selatan Palembang, Harun Nurasyid, pemasangan gelagar atau kepala jembatan, akan dilakukan.

Harun mengatakan, selain menyelesaikan abutment, pihaknya juga juga sedang melakukan pengerasan jalan pada sisi jalan yang dilebarkan di Jalan R Sukamto depan PD Manis dan Jalan Residen Abdul Rozak arah Pusri.

“Pengerasan itu memakan waktu lebih kurang 28 hari, setelah itu baru bisa dilalui kendaraan. Sementara untuk sisi Jalan MP Mangkunegara arah kenten dan Jalan AKBP Cek Agus, di lakukan pengerasan fleksibel,” terang Harun yang dibincangi, Rabu (15/10).

Setelah kepala jembatan terpasang, tahapan selanjutnya adalah pengerukan. Artinya, di pekan pertama atau kedua November pengerukan bagian utama underpass akan segera dilakukan.”Semuanya sudah dipersiapkan dengan matang, mudah-mudahan berjalan sesuai rencana,” harapnya.

Ditanya soal antisipasi musim hujan yang diprediksi akan segera tiba, Harun menjawab, pihaknya telah menyediakan sejumlah pompa. Alat itu, digunakan untuk memompa air hujan yang ditakutkan akan menggenangi area underpass, khususnya bagian yang akan dikeruk nantinya.

“Pekerjaan kami ini memang tidak bisa diganggu air, jadi kami sudah mengantisipasi dengan menyediakan pompa yang jumlahnya tergantung kebutuhan. Sehingga, ketika hujan datang, tidak akan ada air yang menggenangi bagian utama yang dikeruk,” tukasnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR       : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *