Laris Manis Kurma Pasar 16 Ilir

Berbagai Jenis Buah Kurma yang dijual dipasar 16 Ilir | Foto : Iwan Cheristian/KS

Berbagai Jenis Buah Kurma yang dijual dipasar 16 Ilir | Foto : Iwan Cheristian/KS

PALEMBANG – Untuk permintaan buah kurma beberapa pekan ini mengalami peningkatan di beberapa pasar di Kota Palembang. Ini disebabkan tingginya permintaan masyarakat yang baru pulang melaksanakan ibadah haji.

Ali Yudi, pedagang buah kurma di Pasar 16 Ilir mengungkapkan, meningkatnya permintaan buah kurma ini, karena banyak masyarakat terutama jamaah haji yang baru pulang dari dari Makkah mencari oleh-oleh haji yang ada di pasar ini. Bahkan sejak beberapa pekan yang lalu sudah banyak jamaah haji yang memesan terlebih dahulu.

“Peningkatan ini hingga tiga kali lipat dari hari biasa, memang memasuki musim haji, permintaan buah kurma akan meningkat, maka pesanan pun meningkat. Selain membeli buah kurma, banyak juga jemaah membeli air zam-zam, kacang arab, gula batu, untuk oleh-oleh keluarga,” jelasnya, Rabu (15/10).

Ia berkata, untuk harga buah kurma yang di jual bervariasi mulai dari Rp 35.000 per kg hingga Rp 100.000 per kg sesuai dengan jenisnya. Untuk jenis oleh-oleh haji lainnya seperti kacang arab di jual dengan harga Rp 70.000 per kg, kismis iran Rp 65.000 per kg, minyak wangi arab berkisar Rp 65.000 hingga Rp100.000, inai arab dengan Rp 120.000 per lusiual n, tasbih dijual Rp 70.000 dan ada juga sorban yang dibandrol hingga Rp 60.000.

“Pembeli kebanyakan memburu kurma yang dijual dengan kiloan, selain harga murah rasa kurma nya manis. Pembeli banyak yang pesan dari 5 kg hingga 10 kg lebih kurma,” jelasnya.

Katanya, dengan tingginya permintaan ini, membuat omzet penjualannya meningkat tajam dibandingkan dengan hari biasa. Ia pun memprediksi permintaan akan terus meningkat hingga selesainya jamaah haji dari tanah suci Mekah.

“Sejak kepulangan jemaah haji dari Makkah membawa rezeki bagi kita pedagang oleh-oleh haji, apalagi barang yang kita jual memang langsung didatangkan dari Mekah,” ujarnya.

Sementara itu salah satu keluarga jamaah haji asal Palembang, Nuril mengatakan, dia sengaja membeli oleh-oleh haji di Pasar 16 Ilir ini, selain barangnya yang lengkap dan harganya juga terjangkau.

“Kita membeli oleh-oleh ini untuk dibagikan kepada keluarga dan tamu yang datang kerumah kita,” tuturnya.

 

TEKS  : AMINUDDIN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *