Kantor Pemprov Sumsel Nyaris Terbakar

Kantor Gubernur Sumatera Selatan

Kantor Gubernur Sumatera Selatan | Dok KS

PALEMBANG – “Api….api…api…,” teriak sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (15/10) siang. Teriakan ini, membuat banyak PNS ketakutan dan berhamburan keluar.

Kekalutan para abdi negara ini, semakin menjadi ketika asap pekat, tiba-tiba muncul dari celah bangungan yang juga merupakan lokasi salah satu instalasi listrik yang digunakan untuk keperluan kerja ruangan kantor gubernur.

Ruangan kerja Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, Mukti Sulaiman yang berada di lantai dua gedung tersebut, nyaris saja dilalap sijago merah. Beruntung, sejumlah pegawai langsung membawa air untuk berusaha memadamkan api.

Informasi yang didapatkan Kabar Sumatera, kejadian yang membuat gembar Pemprov Sumsel ini terjadi sekitar pukul12.30 WIB atau saat jam istirahat. Sumber api, diduga berasal dari tumpukan sampah kertas, plastik serta sisa makanan terlihat berserakan di celah gedung tersebut.

Penyebabnya, diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan sehingga menyulut api. “Cukup banyak asapnya. Semua pegawai langsung berhamburan ke lokasi,” kata salah seorang jurnalis TV nasional, Miko.

Upaya yang dilakukan pegawai Pemprov cukup membuahkan hasil. Meski hanya menggunakan selang air dan ember, mereka secara bergiliran berupaya memadamkan api tersebut.

“Celah itu memang banyak sekali sampah, termasuk puntung rokok yang masih hidup. Untung saja cepat padam. Bahaya soalnya, apalagi tepat dibelakang ruangan Sekda,” kata NT, salah seorang pegawai PNS.

Sayangnya, saat hendak dikonfirmasi mengenai peristiwa ini, tidak ada satupun pejabat pemprov yang bisa memberikan keterangan, termasuk pejabat berwenang. “Maaf, aku minta tolong, sebagai keamanan disini, jangan dibesar-besarkan. Kalau kebakaran nian, tidak apa-apa. Apalagi bapak sedang sibuk,” kilah salah seorang petugas keamanan di Biro Umum dan Perlengkapan Setda Sumsel.

 

TEKS            : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *