Hingga September 2014, Penyerapan Anggaran SKPD Minim

Ilustrasi | Ist

Ilustrasi | Ist

PALEMBANG – Hingga September 2014, penyerapan anggaran di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, belum ideal. Hal itu dilihat dari angka penyerapan, yang baru mencapai 55 persen. Padahal untuk idealnya sudah terserap 70 persen.

“Angka itu membuktikan pengeluaran belanja modal masih rendah. Selain itu, masih banyak kontrak pekerjaan baru selesai Agustus-September. Namun, kami yakin bulan Oktober dan Nopember penyerapan anggaran bakal naik cepat,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Palembang, M Zulfan, Rabu (15/10).

Zulfan mengatakan, minimnya penyerapan tersebut disebabkan beberapa faktor, diantaranya molornya jadwal lelang proyek, sehingga memakan waktu lama. Hal itu juga dipengaruhi belum matangnya perencanaan. “Walaupun penyerapan anggaran di SKPD belum ideal, tetapiuntuk di 16 kecamatan di Palembang, rata-rata penyerapannya sudah diatas 60 persen,” terang Zulfan.

Zulfan menghimbau, kepada kontraktor, segera membuat surat edaran agar proses penagihan bisa selesai pertengahan bulan Desember serta segera menyelesaikan pekerjaan sehingga dananya bisa segera dibayarkan.

“Kami harapkan tidak ada kontraktor yang putus kontrak, dalam hal ini, kami juga akan cek pekerjaannya. Jika sudah rampung maka akan dibayarkan penuh, namun jika hanya selesai cuma 60 persen. Maka, kami hanya bayar 60 persen,” imbuhnya.

Zulfan menyebutkan, total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Palembang tahun 2014 sebesar Rp 3,1 triliun dengan rincian, belanja langsung Rp 1,3 triliun dan belanja modal Rp 800 miliar-Rp 1 triliun. Jumlah tersebut sudah termasuk APBD Perubahan dengan penambahan anggaran Rp 200 miliar.

“Untuk APBD Perubahan ada untuk belanja pegawai, infrastruktur, tunjangan perbaikan penghasilan PNS Rp 25 miliar, BPJS sebesar Rp10 miliar dan penyertaan modal untuk PT SP2J Rp 44 miliar,” sebutnya.

Sementara itu, Kabag Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Palembang, Zulkarnain mengatakan, tahun ini diharapkan penyerapan anggaran bisa lebih baik. Menurutnya, realisasi fisik dan serapan anggarannya ditunggu hingga pertengahan Desember atau menjelang tutup tahun. ” Namun, biasanya pada Desember tersebut tinggal penyelesaian akhir,” tukasnya.

 

TEKS           : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *