Antisipasi ISPA, 10 Ribu Masker Dibagikan

Sejumlah pegawai Dinkes Empat Lawang dan anggota Sat Lantas Polres Empat Lawang, Rabu (15/10), membagi-bagikan masker kepada pengendara kendaraan yang melintas di depan kantor Pemkab Empat Lawang. | Foto :Saukani/KS

Sejumlah pegawai Dinkes Empat Lawang dan anggota Sat Lantas Polres Empat Lawang, Rabu (15/10), membagi-bagikan masker kepada pengendara kendaraan yang melintas di depan kantor Pemkab Empat Lawang. | Foto :Saukani/KS

EMPAT LAWANG – Mengantisipasi merebaknya penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), akibat kabut asap yang mulai menyelimuti Kabupaten Empat Lawang sejak beberapa hari terakhir, Dinas Kesehatan (Dinkes), membagikan masker secara cuma-cuma kepada masyarakat.

Pembagian masker di pusatkan di poros Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalintengsum) kawasan Talangbanyu Km 3,5, tepatnya didepan kantor Pemkab Empat Lawang, Rabu (15/10). Pembagian masker ini, kerjasama Satlantas Polres Empat Lawang.

Kepala Dinkes Empat Lawang, Khairullah menyatakan, pembagian masker merupakan program Pemkab Empat Lawang untuk kesehatan masyarakat. Saat ini kata Khairullah, kabut asap pekat mulai menyelimuti Empat Lawang dan berpotensi menyebabkan terjadinya penyakit pernapasan.

Karenanya jelas dia, sebagai antisipasi maka ada 9000 masker yang dibagikan. Masker itu terangnya, dibagikan sejak kemarin di kantor-kantor dan sekolahan. Sehingga total, sudah 10 ribu masker yang dibagikan ke masyarakat.

“Rencana, tadi pembagian masker dilakukan di kawasan Pasar Tebingtinggi. Namun karena dikhawatirkan akan menyebabkan kemacetan, sehingga dialihkan di depan Pemkab Empat Lawang. Ya, semua sudah kita habiskan, totalnya sudah 10.000 lembar masker yang telah dibagikan,” ujarnya.

“Masker ini, kita harapkan benar-benar di manfaatkan masyarakat. Karena kondisi udara saat ini, sudah tercemar oleh kabut asap. Setidaknya, dengan masker ini bisa meminimalisir gangguan kesehatan, akibat kabut asap,” ucapnya.

Nah, apabila kabut asap masih tebal di Kabupaten Empat Lawang, Dinkes jelasnya kemungkinan akan membagi-bagikan masker kembali. Dinkes terangnya, sudah memiliki stok 10 ribu masker bantuan dari Dinkes Sumsel. “Kita sudah stok lagi, jadi masyarakat jangan khawatir kalau tidak kebagian,” ungkapnya.

Ia menambahkan, masyarakat yang belum mendapatkan masker dapat mendatangi kantor Dinkes di Kompleks Perkantoran Pemkab Empat Lawang. “Silahkan datang ke kantor, bagi yang belum dapat,” tukasnya.

 

TEKS         : SAUKANI

EDITOR       : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *