18 Stand Ikut Festival Bende Seguguk

Ketua TP PKK OKI, Linda Sari saat melihat produk kerajinan di stand Kecamatan Lempuing, | Foto : Dony

Ketua TP PKK OKI, Linda Sari saat melihat produk kerajinan di stand Kecamatan Lempuing, | Foto : Dony

KAYUAGUNG – Kendati puncak peringatan  HUT Kabupaten OKI ke-69, telah usai. Namun rangkaian kegiatannya masih berlangsung hingga saat ini. Sebanyak 18 kecamatan di OKI membuka stand untuk meramaikan pameren Festival Bende Seguguk, yang digelar gi Gedung Kesenian Kayuagung, Rabu (15/10).

Setiap stand masing-masing kecamatan menjual berbagai hasil kerajinan dari wilayahnya, seperti Kecamatan Pedamaran, menjual kerajinan tikar purun, kemplang dan kerupuk. Pampangan menjual olahan susu kerbau yang dibuat menjadi gulo puan, Lempuing sayur-sayur organik dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan itu, waki bupati OKI, M Rifai SE serta rombongan Ketua TPP KK OKI? Lindar Sari, yang membuka acara tersebut, menyempatkan diri melihat pernak-pernik produk yang dijual pada setiap standnya. Seperti pada stand Kecamatan Lempung, Ketua TP PKK OKI, sangat tertarik pada hasil kerajinan tangan labu keramik.

Sesekali istri bupati OKI itu memagang dan bertanya kepada Camat Lempuing Imam Tohari, SE bagaimana cara pembuatannya. Dengan cekatan Imam menjelaskan kalau keramik labu itu hasil kerajinan masyarakat di Lempuing. Selain mengandalkan produk keramik, stand kecamatan Lempuing juga menjual sayuran organik.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata OKI, I Drs Ishak Idrus, SE disela acara itu mengatakan, acara Festival Bende Seguguk ini akan berkahir hingga tanggal 17 Oktober nanti. Kata dia antusias masyarakat yang berkunjung sangat ramai.

“Di sini kita tidak hanya diramaikan oleh stand seluruh kecamatan di OKI, dan sejumlah instansi pemerintahan, namun sejumlah instansi swasta pun ikut memeriahkan acara ini, seperti dari Yamaha, Bank Sumsel Babel, Shopi Paris, Telkomsel dan lain sebagainya,” katanya.

Kata Ishak, kegiatan ini nantinya menjadi agenda tahunan ke depannya untuk menyemarakkan HUT OKI di tahun tahun yang akan datang

“Kita ingin HUT OKI juga dirasakan semua masyarakat tidak hanya rapat paripurna, ke depan akan diagendakan kegiatan kesenian atau ekspo untuk melibatkan masyarakat dalam peringatan HUT OKI ,” ujarnya.

 

TEKS   : DONI AFRIANSYAH

EDITO   : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *