UMKM BRI Tumbuh 26,8 Persen

Bank BRI | Ist

Bank BRI | Ist

PALEMBANG – Kantor Wilayah (Kanwil) Bank BRI Palembng mencatat pertumbuhan untuk UMKM mikro dan Ritel sudah mencapai 26,8 persen. Sedangkan untuk kredit yang disalurkan kepada pelaku UMKM sudah tumbuh Rp 15,3 triliun sejak bulan September, yang ditargetkan sebanyak Rp 13,7 triliun.

Menurut Bakri Pakpahan, Kepala Bidang Bisnis Mikro BRI Kanwil Palembang mengatakan, untuk pertumbuhan UMKM mikro dan ritel pada tahun ini mengalami pertumbuhan cukup bagus, terlihat dari target yang melebihin pencapaian.

“Untuk sektor pertumbuhan mikro mencapai Rp 7 triliun, sedangkan untuk ritel mencapai Rp 8 triliun yang mencakup wilayah Sumsel, Jambi, dan Bangka Belitung,” katanya, Selasa (14/10).

Dia menambahkan, jumlah pelaku UMKM di Bank BRI sebanyak 13.000 untuk ritel, sedangkan untuk mikro 265.715 Sedangkan untuk wilayah Sumsel sudah mencapai 45 persen, dan secara nasional sudah mencapai Rp 335. 500.

“Untuk nasabah kredit, mayoritas masih dari perkebunan dan pengusaha. BRI akan lebih berhati-hati dalam memberikan kredit sektor menengah karena rentan terhadap guncangan krisis. Secara umum, tiap sektor diprediksi akan tumbuh antara 20 persen hingga 25 persen,” katanya.

Sedangkan untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) diprediksi pertumbuhan akan mengalami keterlambatan dikarenakan faktor alam. Namun untuk mengantisipasi keterlambatan tersebut BRI terus melakukan perbenahan infrastruktur jaringan, layanan, dan SDM.

“Oleh sebab itu, menghadapi MEA 2015, BRI akan lebih fokus untuk memperkuat sektor di bidang UMKM,” ungkapnya.
TEKS      : AMINUDDIN

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *