Berkas Mantan Pegawai FIF Dilimpahan

PALEMBANG – Setelah dinyatakan lengkap oleh penyidik, berkas perkara penggelapan FIF atas nama tersangka Sofi (50), dalam waktu dekat ini Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) akan melimpahan berkas tersangka kepihak Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan (Sumsel).

Hal ini disampaikan oleh Direktur Ditreskrimsus Polda Sumsel, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Eddy Purwatmo, didampingi Kasubdit II, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Herwansyah Saidi.

“Berkas pelimpahanya sudah kita serahkan belum lama ini. Hingga saat ini, belum ada jawaban dari pihak kejaksaan,” kata, Selasa (14/10).

Saat ini, lanjut Herwansyah, Sofi sudah mendekam di penjara Ditreskrimsus Polda Sumsel. Mantan pegawai di FIF Palembang itu sudah dipenjara sejak diserahkan FIF Palembang ke Polda Sumsel sebulan lalu.

Dikatakan Herwansyah, Sofi dilaporkan oleh FIF Palembang karena diduga sudah melakukan kredit fiktif. Modusnya, ia menggunakan identitas bebereapa masyarakat seolah-olah ada pelanggan yang membeli barang eletronik secara kredit di FIF Palembang.

Dengan jabatan yang dimiliki, Sofi bisa dengan lancar menjalankan modusnya ini. FIF Palembang baru menyadari perbuatan Sofi saat adanya kredit macet. Ditelusuri dari identitas yang diajukan Sofi, pemilik identitas mengaku tidak pernah membeli barang apa pun di FIF Palembang.

Mulai timbul kecurigaan adanya penggelapan. Terlebih, Sofi sudah tidak lagi bekerja di FIF Palembang. Total kerugian akibat perbuatan Sofi hampir senilai Rp 30 juta.

“Tiga bulan keberadaan Sofi dicari dan akhirnya didapat di luar Palembang. Ia langsung diserahkan ke Polda Sumsel dan lalu kita penjarakan,” tukas Herwansyah.

 

TEKS   : OSCAR RYZAL

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *