Plat Kendaraan Luar OI Harus Mutasi

INDERALAYA – Sebagai upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dari sektor pajak kendaraan, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Sumsel  yang ada di bawah naungan Samsat, akan melakukan sosialisasi mutasi kendaraan plat luar.

“Kita sudah mengeluarkan surat edaran sebagai sosialisasi kepada pengusaha kendaraan, serta beberapa showroom dan dealer, agar plat kendaraan luar dapat di mutasi masuk ke Kabupaten Ogan Ilir (OI),” kata kepala UPTD Samsat Kabupaten OI, Erdian Syahri, Senin (13/10).

Dijelaskan, usaha yang dilakukan memang belum optimal. Hanya saja, sejauh ini sudah ada realisasi di lapangan. “Sudah ada beberapa kendaraan plat luar, ketika dibeli oleh masyarakat kabupaten Ogan Ilir langsung mutasi. Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), serta masuk dalam PAD kabupaten Ogan Ilir,” ujarnya.

Dirinya mengakui, masih banyak kendaraan luar yang operasional di Kabupaten OI, tetapi belum mutasi kendaraan. “Banyak kendaraan plat B, BE, BM bahkan ada yang KT. Mereka belum mutasi ke kabupaten OI. Sebenarnya ini menjadi PR buat kita, dimana mereka beroperasi di daerah kabupaten OI, tetapi pajak mereka masuk kedaerah lain. Inilah yang kita perjuangkan, agar kendaraan tersebut pajaknya bisa menambah pendapatan asli daerah dari sektor pajak kendaraan,” terangnya.

Erdian juga tidak menampik, masih banyak kendaraan yang lalu lalang di OI, dalam hitungan bulan dan menahun namun tidak mau memutasi kendaraan mereka ke OI.

Disinggung tingkat peningkatan jumlah kendaraan di OI, Erdian menjabarkan, meski tidak merinci, namun jumlah kendaraan terus mengalami pertumbuhan.  “Memang berapa totalnya kita masih menghitung,” jelasnya.

 

TEKS : JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *