Kabut Asap, Kurangi Aktivitas Diluar Rumah

MUARAENIM – Kabut asap yang menyelimuti Kabupaten Muaraenim, dalam satu pekan terakhir kian pekat. Kondisi ini berpotensi menganggu kesehatan masyarakat, terutama penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Karenanya masyarakat dihimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Kalau pun harus beraktifitas di luar rumah, warga disarankan untuk menggunakan masker. “Kabut asap ini, berpotensi menimbulkan berbagai penyakit salah satunya ISPA,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Muaraenim, dr Yan Riyadi melalui Kabid PMK, Ujang Suherman yang dibincangi di ruang kerjanya, Senin (13/10).

“Saya menghimbau kepada masyarakat, agar menggunakan masker saat berada di luar ruangan atau rumah. Kurangi aktivitas di luar rumah, kalau tidak terlalu penting. Hal ini, harus dilakukan masyarakat agar terhindar dari berbagai penyakit khususnya ISPA,” himbaunya.

Ia menerangkan, ISPA merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja terutama balita dan kaum lansia. Sebenarnya sebutUjang, ISPA adalah penyakit yang tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya.

Walau pun begitu jelasnya, antisipasi agar ISPA tidak merebak perlu dilakukan. Untuk mengantisipasi penyebaran ISPA jelas Ujang, Dinkes telah membagikan sebanyak 1000 masker di Kecamatan Gelumbang, Sukarame dan Kelekar. Sementara 1000 masker lainnya, dibagikan di Kota Muaraenim.

“Gelumbang, Sukarame dan Kelekar sengaja kita pilih untuk dibagikan masker. Sebab tiga kecamatan itu merupakan daerah yang tebal kabut asapnya, karena berbatasan dengan Kabupaten Ogan Ilir (OI) dan OKI. Dimana, kedua kabupaten tersebut banyak terbakar lahan gambutnya,” jelas dia.

Sampai saat ini terangnya, belum ada laporan ada peningkatan penyakit ISPA di Muaraenim. Tetapi ungkapnya, Dinkes tetap akan mengantisipasinya. “Rencananya besok, kita akan membagikan masker kepada masyarakat dan pengendara kendaraan di Muaraenim. Pembagian masker ini, bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub),” tukasnya.

 

TEKS         : SISWANTO

EDITOR       : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *