E-Voting Minimalisir Konflik Pilkades

Ilustrasi E-Voting

Ilustrasi E-Voting

EMPAT LAWANG – Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA) optimis, pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak di Kabupaten Empat Lawang, akan dilaksanakan April 2015 mendatang. Dari 120 desa yang akan menggelar Pilkades, dilakukan sistem elektronik voting (e- voting), untuk meminimalisir konflik dan kecurangan.

Penerapan sistem e-Voting sebut kata HBA, akan bekerjasama dengan pihak ketiga atau konsultan profesional. Sebab, sejauh ini Empat Lawang belum pernah menggelar sistem dimaksud, makanya perlu tenaga profesional agar hasil sistem komputerisasi berjalan efektif dan efisien dana. “Ini kemajuan, bisa menghemat waktu dan dana,” kata HBA, Senin (13/10).

‪Sistem e-Voting ini, tidak lagi menggunakan alat kotak dan kertas suara karena setiap bilik sudah disediakan sistem voting langsung tersambung ke komputer operator. Sehingga perhitungan pemenang menjadi lebih cepat, dan yang terpenting sistem ini jauh lebih mengurangi konflik di desa, karena tidak ada juga mata pilih eksodus desa yang satu ke desa lain.

Human eror kecil sekali, keberhasilan program capai 99 persen. Untuk menjauhi rasa curiga, operator dicari orang luar dan bukan dari Empat Lawag, apalagi yang sarat kepentingan,” terang HBA.

‪Lebih lanjut, suami Hj Suzana meminta semua kepala desa (kades) mempersiapkan Pilkades nanti. Jika pun akan ada kades yang bakal maju, diharapkan Januari 2015 sebelum pilkades berlangsung dapat segera mengundurkan diri.

Ini sebut HBA, dilakukan demi kepentingan dan kenyaman bersama agar tidak ada anggapan kades kesayangan atau ditunjuk bupati murni pilihan rakyat. “Peraturan baru sekarang ini maksimal kades tiga kali mencalonkan diri, sementara masa jabatan masih tetap enam tahun. Makanya pilkades diharapkan berlangsung aman dan damai, tidak memecah belah pendukung sehingga mayarakat damai,” tukasnya.

 

TEKS           : SAUKANI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *