DKK Kota Palembang Perbanyak Plang Larangan Buang Sampah

Salah satu Plang larangan di kawasan Macan lindung, Palembang. | Foto ; Bagus Kurniawan/KS

Salah satu Plang larangan di kawasan Macan lindung, Palembang. | Foto ; Bagus Kurniawan/KS

PALEMBANG – Untuk menjaga kebersihan Kota Palembang, Dinas Kebersihan Kota (DKK) Palembang, akan memperbanyak plang papan larangan membuang sampah. Plang itu, akan dipasang di kawasan pemukiman padat penduduk

Kepala DKK Palembang, Agoeng Noegroho mengatakan, papan larangan tersebut sebagai bentuk teguran langsung bagi warga, yang tidak disiplin masalah kebersihan. “Temuan kami, masih banyak warga yang membuang sampah sembarangan seperti di sungai, pemukiman, dan daerah lainnya,” kata Agoeng, Senin (13/10).

Menurut Agoeng, untuk meminimalisir prilaku masyarakat membuang sampah sembarangan, DKK tidak akan pernah berhenti untuk mensosialisasikan masalah kebersihan kepada warga. Pihaknya sebut Agoeng, terus berupaya agar Kota Palembang ini semakin bersih.

“Yah, salah satu caranya dengan memperbanyak plang papan larangan itu. Sebenarnya sudah banyak dipasang, tapi masih ada lokasi yang belum banyak dipasang. Seperti Kertapati, Gandus dan Seberang Ulu (SU)I,” bebernya.

Menurut Agoeng, sebuah daerah dianggap bersih, bukan hanya di lihat dari kebersihan jalan protokol dan tempat wisata tetapi juga pemukiman warga. “Semua kawasan harus bersih, tidak ada lagi yang namanya sampah,” harapnya.

Selain memasang plang papan pengumuman larangan membuang sampah sembarangan. Agoeng menambahkan, pihaknya juga menerjunkan sebanyak 1.200 petugas kebersihan untuk membersihkan kawasan jalan protokol maupun pasar tradisional di metropolis. “Petugas kebersihan bekerja dari pagi hingga malam,” ujarnya.

Ditanya apakah ada denda, bagi warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan, Agoeng menjawab, sejauh ini belum ada rencana kesana. Karena dalam memberikan sanksi itu, harus mempunyai landasan hukum yang jelas, minimal Peraturan Daerah (Perda). “Tapi, kalau memang hal itu sudah mendesak. Kami akan buat Perda nya,” tukasnya.

 

TEKS           : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *