Antispasi ISPA, 60 Ribu Masker Sudah Dibagikan

Beberapa Anak Sekolah Terlihat Menggunakan Masker Akibat Pekatrnya Kabut Asap | Ist

Beberapa Anak Sekolah Terlihat Menggunakan Masker Akibat Pekatrnya Kabut Asap | Dok KS

PALEMBANG – Untuk mengantisipasi merebaknya penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), akibat kabut asap yang semakin pekat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel, Senin (13/10), membagi-bagikan ribuan masker.

Kabid Bina Jamsarkes, Dinkes Sumsel, Marlena menyebut, total ada 60 ribu masker yang sudah dibagikan Dinkes Sumsel. Menurutnya, masker tersebut dibagikan kepada masyarakat secara gratis guna mengantisipasi bahaya kabut asap.

“Hari ini, ada ribuan masker lagi yang kita bagikan di beberapa kawasan di Palembang diantaranya Kambang Iwak, Simpang Polda, Simpang Charitas, dan DPRD Sumsel,” kata Marlena, kemarin.

Ia menyebut, bencana kabut asap yang melanda Sumsel tahun ini, merupakan bencana kabut asap terparah dibanding bencana kabut asap tahun-tahun sebelumnya. Dari data Dinkes, Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU), sudah mencapai angka 830, yang berarti sudah berbahaya.

Normalnya sebut Marlena, ISPU itu berada diangka 50-150, namun toleransi batasnya 400. “Sudah jelas bahaya, karena telah melebihi batas toleransi itu, bahaya terlebih pada kesehatan,” ungkapnya.

Karenanya ia menghimbau masyarakat, untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Kalau pun harus beraktivitas di luar rumah dihimbau menggunakan masker. “Selain itu, diusahakan jangan membuka pintu dan jendela rumah. Biasakan pula, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), serta mencuci dan menutup makanan,” tukasnya.

 

TEKS        : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR       : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *