Waspada, Isi Elpiji 3 Kg Menyusut

Ilustrasi Elpiji | Ist

Ilustrasi Elpiji | Ist

PALEMBANG – Masyarakat yang biasa menggunakan elpiji tabung 3 Kilogram (Kg), sebaiknya lebih hati-hati saat membeli elpiji jenis tersebut. Pasalnya, ada dugaan isi tabung epiji 3 Kg ini telah menyusut.

Kejadian ini, dialami oleh Ainun (45), warga Jalan Ki Merogan, RT 29 RW 06, Kelurahan Kemang Agung, Kecamatan Kertapati, Palembang. Dibincangi, Minggu (12/10), Ainun mengaku elpiji 3 Kg yang dibelinya tak lagi 3 Kg melainkan tinggal 2,5 Kg.

“Sebenarnya, sudah beberapa kali saya alami ini. Setiap beli elpiji 3 Kg pasti kurang, rata-rata penyusutannya 0,2, dan yang paling tinggi saat harga elpiji 12 Kg naik. Saya sudah katakan pada pengecer, kenapa isinya kurang. Tapi pengecer tidak tahu, karena mereka beli dari agen,” keluh Ainun.

Tak hanya Ainun, kejadian serupa dialami Weni (35). Ia mengaku, sebagai pengguna elpiji 3 Kg, sangat dirugikan dengan penyusutan isi elpiji 3 Kg tersebut. “Biasanya elpiji 3 Kg yang saya beli, bisa untuk keperluan memasak selama tiga hari. Namun sekarang, tidak sampai tiga hari,” bebernya.

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Palembang, Syahrul Hefni yang dikonfirmasi melalui Kabid Perdagangan Dalam Negeri (PDN), Juni Haslani mengaku sejauh ini belum ada laporan masyarakat yang masuk ke Disperindagkop.

Tapi Disperindagkop terangnya, akan menindaklanjuti informasi penyusutan isi elpiji tabung 3 Kg tersebut, terutama di kawasan Kertapati. “Kami akan koordinasikan dengan Pertamina, karena mereka yang memasok elpiji 3 Kg maupun 12 Kg,” kata Juni yang dihubungi, kemarin.

Juni mengaku, kasus menyusutnya isi elpiji 3 Kg ini memang pernah terjadi di Jawa namun di Palembang belum ditemukan. “Tetapi itu, akan kita pastikan dengan mengecek ke agen-agen elpiji. Jika terbukti, ada sangsi tegas. Prilaku buruk itu, sangat kami sayangkan,” tukasnya.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *