Seribu Undangan Hadiri HUT Kabupaten OKI ke-69

 

KAYUAGUNG – kitar seribu undangan, Senin (13/10) atau hari ini akan datang pada peringatan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ke-69 tahun yang jatuh pada tanggal 11 Oktober lalu.

 

Puncak peringatan HUT OKI dilaksanakan di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) OKI, dengan digelar rapat paripurna.

“Dalam peringatan HUT OKI tahun ini kita telah menyebarkan seribu undangan yang ditujukan kepada para kades se kabupaten OKI, camat, kepala daerah se Sumsel, pejabat pemprov, tokoh masyarakat,  mantan Bupati OKI dan lain-lain, Insyaallah Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin dan Wagub Ishak Mekki  akan hadir untuk memeriah HUT OKI yang ke-69 ini,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) OKI  Husin  MM, Ahad (12/10).

Menurut Sekda, HUT  Kabupaten OKI seharusnya  jatuh pada hari Sabtu 11 Oktober 2014, tetapi diundur pada  hari Senin (13/10), melalui Sidang Paripurna Istimewa yang digelar di gedung DPRD OKI.

“Atas kesepakatan bersama berdasarkan rapat yang telah kita gelar beberapa hari lalu maka pelaksanaan HUT OKI diundur pada hari Senin 13 Oktober (hari ini), di ruang rapat paripurna DPRD OKI, seharusnya HUT OKI jatuh pada hari Sabu 11 oktober, tetapi karena bertepatan dengan hari libur kedinasan maka diundur hari senin” ujar Husin.

Kata Husin, peringatan HUT OKI ini merupakan momentum evaluasi pembangunan di Bumi Bende Seguguk dengan mengusung tema  semangat HUT OKI ke-69, untuk merajut kebersamaan demi terwujudnya pembangunan OKI dari Desa Menuju masayarakat semakin maju, mandiri, sejahtera berlandaskan mman Dan taqwa‎.

“Salah satu dari momentum pada peringatan HUT OKI ini kita jadikan sebagai evaluasi kedepan kita selaku ‎pemerintah daerah serta masyarakat untuk lebih memajukan OKI sesuai dengan jenjang usianya yang merupakan salah satu Kabupaten tertua di Sumsel,” ‎katanya.

Pihaknya berharap kedepan Kabupaten OKI akan lebih maju dan menjadi contoh bagi kabupaten lain.

“Jangan sampai OKI kalah maju dengan Kabupaten-kabupaten yang jauh dibawah usianya, papalagi OKI adalah kabupaten Tertua di Sumsel, seharusnya menjadi contoh bagi daerah lainnya,” terangnya.

Ditambahkan Kabag Humas Pemkab OKI, Dedi Kurniawan,  untuk menambahkan kemeriahan dalam peringatan HUT OKI tahun ini, Pemerintah Kabupaten OKI dibantu dengan SKPD yang ada di OKI, terutama dinas Kebudayaan dan pariwisata  akan menggelar Festival Bende Seguguk pada 15-18 Oktober 2014 mendatang.

“Didalam festival ini kita akan mengangkat cerita seni serta budaya kehidupan tradisional daerah Kabupaten OKI melalui kegiatan kesenian,” jelasnya.

Kepala Dinas Budaya Pariwisata (Disbudpar) OKI, Ishak Idrus, mengatakan bahwa festival bende seguguk akan menjadi agenda tahunan ke depannya untuk menyemarakkan Hut OKI

“Kita ingin HUT OKI juga dirasakan semua masyarakat tidak hanya rapat paripurna, ke depan akan diagendakan kegiatan kesenian atau ekspo untuk melibatkan masyarakat dalam peringatan HUT OKI ,” ujarnya.

 

TEKS     : DONI AFRIANSYAH

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *