Perbaikan BRT Transmusi Habiskan Rp 1,5 Miliar

Ilustrasi Trans Musi | Dok KS

Ilustrasi Trans Musi | Dok KS

PALEMBANG – PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J), menyiapkan dana hingga Rp 1,5 miliar untuk memperbaiki Bus Rapit Transit (BRT) Transmusi yang rusak. Direktur Utama (Dirut) PT SP2J, Marwan Hasmen menyebut dari 150 unit total armada Transmusi yang dimililiki SP2J, hanya 30 unit yang operasional.

“Ada 93 unit, yang rusak. Kerusakannya bervariasi, mulai rusak parah di mesin. Kemudian ada rusak ringan yang meliputi ban, body dan lainnya,” kata Marwan yang dihubungi, Minggu (12/10).

Marwan mengaku, dana untuk perbaikan tersebut berasal dari penyertaan modal dari Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang yang dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2014.

Menurutnya, perbaikan tersebut sudah sangat mendesak karena berkaitan erat dengan pelayanan kepada masyarakat. “Harus segera diperbaiki. Pelanggan Transmusi sangat banyak, [elanggan tertarik kepada kami karena pelayanan yang baik, nyaman dan jauh dari tindak kejahatan,” ujarnya.

Tetapi terang Marwan, dalam memperbaiki armada yang rusak itu tidak bisa sekaligus. Pasalnya suku cadangnya harus dipesan dahulu. “Misalnya bus dengan merek Hyundai, onderdil nya harus indent (menunggu). Sebab yang menjual perlengkapnnya hanya ada negera pembuat mobil itu,” bebernya.

Marwan menambahkan, untuk perbaikan armada BRT Transmusi yang rusak ringan, perbaikannya akan dikebut. Sehingga pelayanan kepada pelanggan kembali normal. “Secepatnya akan dilaksanakan. Sehingga Transmusi berjalan normal kembali,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang pelanggan BRT Transmusi, Lidya Pratiwi (19), mengaku semenjak sebulan terakhir ia sebagai pelanggan cukup kecewa dengan pelayanan BRT Transmusi, karena minim yang beroperasi. “Kalaupun ada, harus menunggu berjam-jam. Bus nya sedikit sekali. Padahal sebelumnya tidak perlu menunggu lama,” keluh mahasiswi Universitas Negeri Sriwijaya (Unsri) ini.

Menurut Lidya, pemerintah maupun PT SP2J harus segera memprbaiki pelayanan. Karena, pengguna BRT Transmusi cukup banyak, khususnya kalangan mahasiswa. “Kalau naik Transmusi, pastinya lebih aman. Kami harap segera di benahi dan bisa memberikan pelayanan yang baik,” tukasnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR        : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *