Lima SKPD Pemkab Empat Alawang Belum Kumpulkan Renstra

Ilustrasi Renstra | Dok KS

Ilustrasi Renstra | Dok KS

EMPAT LAWANG – Sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, dinilai lamban dalam penyusunan rencana strategis (renstra). Bahkan sampai saat ini, ada lima SKPD yang belum mengumpulkan renstra.

Kelima SKPD dimaksud yakni Sekretariat Daerah (Setda), Dinas PU Cipta Karya (CK) dan Pengairan, Sekretariat DPRD, Dishubkominfo serta Kantor Perizinan dan Penanaman Modal Daerah.

Harusnya kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Empat Lawang, H Nanti Kasih Ade, renstra itu sudah dikumpulkan oleh semua SKPD paling lambat enam bulan, setelah bupati defenitif dilantik.

Namun walau Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Empat Lawang, sudah setahun dilantik masih ada SKPD yang belum menyelesaikan penyusunan renstra nya. “Kita sudah berkali-kali mengingatkan kepada seluruh SKPD yang ada, untuk mengumpulkan renstra, namun nampaknya tidak dihiraukan juga,” kata Nanti, kemarin.

Dikatakan Nanti, sebenarnya renstra mereka itu sudah ada, namun hanya saja belum lengkap saja. Renstra dari SKPD jelasnya dibutuhkan, agar program yang disusun oleh SKPD bisa berjalan.

“Kalau tidak dikumpulkan, ditakutkan nantinya ada program yang dibuat setiap SKPD itu tidak terlaksana. Sebab sebelum melaksanakan program itu, harus di diskusikan terlebih dahulu,” jelasnya.

Apakah ini akan mempengaruhi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)? Nanti menyebut, keterlambatan renstra dari SKPD itu tidak akan menganggu RPJMD. Namun itu, akan berdampak pada program yang dibuat sebab tidak terarah. “RPJMD tetap berjalan, hanya saja program dari SKPD itu tidak terarah,” jelas Nanti.

Satu-satunya pejabat di lingkungan Pemkab Empat Lawang yang bergelar doktor ini berharap, semua SKPD bisa mengumpulkan renstra tersebut. Sebab kata dia, tidak ada alasan bagi SKPD tidak siap karena jangka waktu yang diberikan sudah lama.

“Jika renstra itu sudah dikumpulkan, maka program yang disusun SKPD bisa di diskusikan secara bersama. Dengan begitu, program yang disusun SKPD saat pelaksanaanya nanti bisa terarah,” tukasnya.

 

TEKS           : SAUKANI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *