Rp 5 M untuk Percantik Wisma Atlet

Interior Wisma Atlet | Foto : Bagus Kurniawan/KS

Interior Wisma Atlet Jakabaring | Foto : Bagus Kurniawan/KS

PALEMBANG – Menyambut pelaksanaan Asian University Games (AUG) atau Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) Asean pada Desember mendatang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel akan mempercantik kawasan wisma atlet yang ada di Jakabaring Sport City (JSC).

Sejumlah fasilitas di wisma atlet tersebut, salah satunya taman bakal di renovasi. “Saat ini kita tengah melakukan renovasi kolam yang terletak di komplek wisma atlet. Kita akan perindah bentuk kolam, serta menambah sejumlah bangunan disana. Dananya sudah kita siapkan sebesar Rp 5 miliar,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya (CK) Sumsel, Eddy Hermanto yang dibincangi di ruang kerjanya, Jumat (10/10).

Di kawasan tersebut, PU CK akan melakukan penghijauan dengan menanam beberapa tumbuhan penghijau. Kemudian, akan ditambahkan rumput baru yang ditanam di lingkungan wisma atlet. Diatas kolam juga akan dibangun, sejumlah gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai serta menikmati suasana di kawasan tersebut.

“Kita bikin kawasan tersebut seperti kawasan hotel berbintang lima, akan kita perindah nantinya sehingga siapapun yang berkunjung kesana bisa nyaman. Saat ini pekerja sedang melakukan pekerjaan, insyaallah akhir November mendatang sebelum pelaksanaan AUG semuanya bisa beres,” ucapnya.

Selain merenovasi taman wisma atlet, PU CK juga melakukan renovasi terhadap venue-venue yang berada di kawasan JSC. Untuk merenovasi venue tersebut, PU CK menyediakan dana Rp 1 miliar. Adapun bentuk renovasi yang dilakukan, yakni berupa pengecatan venue serta membersihkannya.

“Cuma membersihkan venue, supaya tampak lebih nyaman dipandang. Selain itu, pengecekan air yang berada di venue tersebut. Apabila ada kendala akan diperbaiki. Kami juga akan menambah jumlah lapangan bulutangkis di GOR Ranau, yang selama ini hanya empat, kedepan akan menjadi delapan lapangan,” bebernya.

Sementara itu, untuk persiapan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 mendatang, Pemprov Sumsel, kembali akan membangun atlet village sebanyak lima tower yang merupakan bantuan dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera). Saat ini, PU CK juga tengah melakukan penambahan gedung di wisma atlet Jakabaring.

Pantauan wartawan koran ini di lapangan, para pekerja sedang melakukan proses pengerjaan membersihkan kolam tersebut. Tampak pula lima gazebo telah dipersiapkan di lokasi pengerjaan.

 

TEKS           : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *