Jumlah Pengangguran di Empat Lawang Meningkat

llustrasi | Energytoday.com

llustrasi | Energytoday.com

EMPAT LAWANG – Pengangguran di Kabupaten Empat Lawang, bukannnya berkurang namun justru bertambah. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2013 jumlah pengangguran di Empat Lawang mencapai 4.988 orang sementara di 2012, pengangguran tersebut mencapai 2.957 orang.

Data tersebut kata Kepala BPS Empat Lawang, Eka Yulyani melalui Kasi Integrasi Pengolahan Diseminasi Statistik (IPDS), Canggih Iman Sudrajat, diolah dari hasil Survei Angkatan Kerja Nasional.

Ia menerangkan, pengangguran yang tinggi akan berpengaruh pada kondisi sosial. “Misalnya, angka pengangguran tersebut akan menyebabkan potensi kerawanan sosial yang timbul seperti kriminalitas. Karenannya penurunan angka pengangguran, harus menjadi salah satu program prioritas bagi Pemkab Empat Lawang,” kata Canggih yang dibincangi, Jumat (10/10) di ruang kerjanya.

Bertambahnya jumlah pengangguran di Empat Lawang sebutnya, salah satu faktornya disebabkan harga karet yang anjlok. Ini membuat masyarakat malas untuk menggarap kebunnya, sehingga mereka lebih memilih untuk menganggur dulu sambil mencari pekerjaan lain. “Angka pengangguran ini, diukur dari warga yang sudah berumur diatas 15 tahun. Sementara dibawah umur 15 tahun, masih dalam katagori pelajar,” ujarnya.

Ia menyarankan, Pemkab Empat Lawang untuk membangun Balai Latihan Kerja (BLK) dan menumbuhkan industri kreatif, untuk mengurangi angka penganggura. “Nanti mereka (pengangguran,red) dilatih, sehingga bisa membuka usaha dan kalau ada investor yang inggin membuka usaha mudah mencari SDM-nya,” tukasnya.

 

TEKS            : SAUKANI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *