Begitu Tiba, Jemaah Haji Langsung Discanner

Ilustrasi Jemaah Haji | Dok KS

Ilustrasi Jemaah Haji | Dok KS

PALEMBANG – Jemaah haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 1 Dembarkasi Palembang, hari ini, Sabtu (11/10), mulai kembali ke tanah air. Jemaah haji asal Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), KBIH Al Hikmah dan jemaah haji mandiri ini, akan tiba di Bandara SMB II, Palembang sekitar pukul 03.15 WIB dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 7801.

“Akan ada 449 jemaah haji yang pulang, karena satu jemaah haji yang tergabung dalam Kloter pertama ini meninggal dunia. Kepulangan jemaah haji ini, bersamaan dengan lima petugas haji, yang itu artinya mereka telah selesai melaksanakan tugasnya,” kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Sumsel, H Hambali saat dihubungi, Jumat (10/10).

Setibanya di Bandara SMB II Palembang, para jemaah haji ini di wajibkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang telah di stand by kan di Bandara SMB II Palembang. Petugas kesehatan juga telah disiapkan untuk memeriksa kesehatan para jemaah haji tersebut, dengan menggunakan alat thermoscanner.

“Itu dilakukan dalam rangka mengantisipasi adanya virus ebola atau penyakit lainnya, yang kemungkinan akan dibawa oleh para jemaah haji dari tanah suci. Akan tetapi tidak perlu khawatir, berdasarkan informasi yang kita dapat dari tanah suci sejauh ini tidak ada satupun jemaah haji asal Sumsel yang terserang virus ebola,” terang Hambali.

Setelah melalui proses pemeriksaan kesehatan, para jemaah haji langsung menuju Asrama Haji, Palembang dengan menggunakan bus yang telah disiapkan. Sesampainya disana, para jemaah haji diberikan kesempatan untuk beristirahat dan bersiap-siap untuk dijemput bus dari pemerintah daerah atau keluarga masing-masing.

“Mereka juga akan mendapatkan air zam-zam dari pihak maskapai, sebanyak lebih kurang 10 liter untuk masing-masing jemaah haji. Disini kami minta kepada keluarga jemaah, untuk tidak berbondong-bondong menjemput keluarga mereka, para jemaah haji ini tentunya butuh istirahat karena capek selama berada di perjalanan,” himbaunya.

Dari 13 Kloter Debarkasi Palembang terangnya, ada empat kloter yang diperkirakan tiba pada dini hari. Yakni, Kloter 1 (OKI, KBIH Al Hikma, dan Mandiri) pada pukul 03.15 WIB, Kloter 6 (KBIH Ar Rahma, Muhajirin, Muhammadiyah, dan Mandiri) tiba pada pukul 01.20 WIB, Kloter 8 yakni jemaah haji asal Bangka Belitung tiba pada pukul 01.20 WIB, dan Kloter 12 (OKU, KBIH Al Mabrur, Mandiri, dan Misfalah) yang diperkirakan tiba pada pukul 04.20 WIB.

Kloter 1 tiba pada 11 Oktober, Kloter 6 tiba pada 18 Oktober, Kloter 8 tiba pada 21 Oktober, dan Kloter 12 tiba di Palembang pada 28 Oktober. Pemulangan jemaah haji ini akan berakhir pada 29 Oktober, yakni jemaah haji asal Muba, KBIH As Shofa, Siti Khodijah, Al Fatah, Ikhlas Beramal, dan mandiri.

 

TEKS           : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *