Bak Sampah Warnai Jalan Protokol Kota Pagaralam

PAGARALAM – Penempatan bak penampungan sampah di kawasan pemukiman padat penduduk dinilai kurang tepat, hingga membuat warga sekitar resah akibat kerap menimbulkan bau tidak sedap. Bahkan, puluhan Kepala Keluarga (KK) yang ada dikawasan Jalan Gunung, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Pagaralam Utara, sudah berencana untuk mendatangi dinas terkait agar permasalahan persampahan bisa diatasi.

Informasi yang didapat, keberadaan bak sampah tersebut telah menjadi tempat pembuangan sampah warga dibeberapa RT yang ada. Akibatnya, dalam satu hari volume sampah terus bertambah. Bahkan tumpukan sampah kerap berhamburan diluar bak penampungan hingga berserakan dan mengotori kawasan permukiman.

“Keberadaan bak sampah tersebut kerap menimbulkan bau tidak sedap, apalagi jika sampah yang ada telat diangkut pihak petugas kebersihan,” kata Hendi warga setempat, kemarin (10/10).

Ia mengatakan, tumpukan sampah sering telat diangkut hingga menimbulkan bau busuk dan langsung masuk kerumah-rumah warga, karena lokasinya sangat dekat dengan permukiman warga.

“Kami minta agar Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pagaralam segera memindahkan bak penampungan sampah tersebut, sebelum warga sekitar melakukan tindakan lebih lanjut,” sebutnya.

Senada dikemukakan Anto (41) warga lainnya yang kebetulan rumahnya berada tepat disamping bak sampah. Ia dan warga sekitar mulai resah dengan keberadaan bak sampah tersebut, karena tumpukan sampah didalam bak sering menimbulkan bau tidak sedap.

“Waduh, kami tidak tahan dengan bak sampah ini. Setiap hari bau busuk sampah didalamnya sudah mulai masuk rumah. Kami minta agar bak sampah ini segera dipindahkan karena kami sudah tidak tahan dengan baunya,” pintanya.

Menurutnya, seharusnya bak sampah seperti ini tidak ditempatkan dikawasan permukiman. Karena bisa membuat kawasan tersebut menjadi tidak sehat.

“Jika terus begini, kami bisa terkena penyakit. Apalagi sampahnya kerap berserakan, hingga cepat sekali menimbulkan bau busuk,” ujarnya seraya berharap agar bak sampah tersebut segera dipindahkan, sebelum warga sendiri yang akan memindahkan bak tersebut.

Terpisah, Wakil Wali Kota Pagaralam, Novirzah ‎SE akan segera memerintahkan dinas terkait untuk segera memindahkan bak sampah tersebut.

“Kita akan memanggil pihak dinas terkait agar segera memindahkan bak sampah tersebut. Apalagi bak penampungan tersebut ditempatkan ditengah permukiman warga tentunya banyak dampak buruknya,” kata Novirzah seraya berujar keberadaan bak sampah tersebut memang cukup menganggu pemandangan, karena lokasinya berada ditepi jalan protokol.

 

TEKS  : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *