PT SAT dan YLI Bagikan 20 Ribu Kacamata Gratis

Ilustrasi | Antarafoto.com

Ilustrasi | Antarafoto.com

PALEMBANG – Dalam rangka memperingati Hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day) pada 9 Oktober 2014, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT), pengelola Alfamart Alfamidi bekerja sama dengan Yayasan Lions Indonesia (YLI) membagikan lebih dari 20.000 kacamata gratis bagi pelajar dan guru Tingkat SD-SMP.

Pemberian bantuan kacamata dilaksanakan serentak di 21 kota yakni di Jakarta, Bogor, Tangerang,  Bandung, Banjaran,  Semarang, Rembang, Solo, Jember,  Bangkalan, Malang, Medan, Palembang, Lampung, Pekanbaru, Jambi, Banjarmasin, Makassar, Pontianak, Batam, dan Mataram. Di Palembang, dari 1.000 undangan pemeriksaan kacamata yang disebar ke pelajar, ada sekitar 270-an anak yang membutuhkan kacamata. Bantuan kacamata diserahkan manajemen PT SAT Tbk dan Lions Indonesia Tbk di SMK Negeri 6 Palembang, Kamis (9/10).

Willy Suwandi Dharma, selaku Ketua YLI menyampaikan telah dilakukan pemeriksaan mata gratis kepada lebih dari 150.000 anak sekolah SD dan SMP di seluruh Indonesia.

“Ada lebih dari 20.000 kacamata yang dibagikan secara serempak pada hari Peringatan World Sight Day,” katanya.

Pemeriksaan dan pembagian kacamata gratis merupakan bagian dari program “Mataku Sehat”, yakni program sosial di bidang kesehatan yang dilaksanakan dengan melibatkan pelanggan melalui donasi di kasir Alfamart dan Alfamidi.

Willy mengatakan di Indonesia sendiri lebih dari 3 juta orang mengalami kebutaan. “Setidaknya pada tahun 2013 ada 7 juta anak usia sekolah yang mengalami masalah kesehatan mata. Salah satu faktor penyebab tingginya jumlah kasus gangguan penglihatan yaitu kebiasaan buruk saat menonton televisi, kegemaran bermain game dalam jangka waktu yang lama dan posisi membaca yang salah. Aktivitas tersebut secara tidak disadari menyebabkan gangguan mata di kalangan anak-anak, khususnya perkotaan,” tegasnya.

Sementara itu, Presiden Lions Club Palembang Mitra Minggus Tahitu (Aming) mengatakan, mulai dari 3-7 Oktober ini, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap 1.000 anak SD dan SMP di Palembang. Pemeriksaan sendiri dilakukan di Optik Sinar Baru yang sudah dilakukan sejak awal bulan ini

“Kami mengajak anak-anak SD dan SMP untuk memeriksakan matanya ke Optik Sinar Baru, yang tersebar di PTC Mal, PS Mal Lantai 4, Jl MP Mangkunegara, dan dua di Jl Kol Atmo. Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan mesin yang canggih sehingga langsung ketahuan hasilnya,” ungkap pria yang akrab disapa Aming tersebut.

“Mudah-mudahan apa yang kami berikan ini bisa memberikan manfaat bagi siswa-siswa yang membutuhkan,” tukasnya.

Menurut Corporate Communication General Manajer SAT, Nur Rachman, melalui Branch Manager Alfamart Palembang Marla D Sinaga menambahkan, program Mataku Sehat bertujuan meningkatkan kesadaran mata yang seringkali diabaikan.

“Padahal, penurunan kualitas pengelihatan menjadi salah satu hambatan untuk memperoleh pendidikan yang optimal. Kelainan refraksi yang tidak disertai kemampuan membeli kacamata menjadi penghambat proses belajar mengajar dan kesuksesan pendidikan. Oleh sebab itu, Perusahaan mengajak pelanggan untuk meningkatkan kesehatan mata terhadap kesehatan mata, terutama di kalangan anak-anak,” jelasnya.
TEKS   : AMINUDDIN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *