Bank Mandiri Gelar Pelatihan Pengrajin Songket

Foro bersama pimpinan Bank Mandiri dan mitra binaan | Dok KS

Foro bersama pimpinan Bank Mandiri dan mitra binaan | Dok KS

INDERALAYA- Deputy Regional Manager I Wilayah Kanwil II Palembang, Ridwan, mengatakan pelatihan bagi pengrajin songket selama 6 bulan bertujuan menambah wawasan, terutama dalam penguasaan teknik pembuatan songket dengan motif yang lebih berkualitas sehingga memiliki daya jual yang lebih baik. Hal itu dikatakan Ridwan dalam acara menggelar pelatihan teknik sungkit binaan pengrajin songket Palembang, di Aula Desa Tanjung Pinang 1, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir (OI), belum lama ini.

“Meski kegiatan ini telah berakhir, tetapi ini bukan akhir segalanya tetapi merupakan awal untuk memulai sesuatu yang lebih baik. Saya berharap eksistensi para pengrajin songket lokal dapat terus ditingkatkan dengan memberikan perkembangan positif terhadap kekayaan budaya asli Indonesia ini,” ungkapnya, kemarin, Kamis (9/10).

Menanggapi pelatihan ini, Kades Tanjung Pinang I, Habibi mengatakan atas nama pemerintah desa, pihaknya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terlaksananya pelatihan tersebut selama 6 bulan yang telah melibatkan warganya dan warga desa sekitar.

“Hal ini merupakan bentuk kepedulian Bank Mandiri dalam memberikan pelatihan pendidikan yang sangat bermanfaat bagi para pengrajin, terlepas dari semua itu apa yang didapat selama masa pelatihan ini bisa diterapkan dalam proses pembikinan songket buatan sendiri yang nantinya mampu menopang ekonomi keluarga” ujarnya.

Terpisah, Eva salah seorang peserta mengatakan, dirinya mewakili peserta turut mengucucapan terima kasih kepada pihak Bank Mandiri maupun para pengajar karena selama 6 bulan masa pelatihan telah banyak memberikan pengetahuan dalam hal membuat songket tekhnik terbaru.

“Muda–mudahan kedepannya songket asli buatan dari pengrajin lokal mitra binaan ini dapat merambah wilayah pemasaran yang lebih luas dengan tetap mengutamakan mutu dan kualitas,” singkat.

Pelatihan keterampilan yang digagas Bank Mandiri ini merupakan bagian dari penyaluran dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang dibagi dalam dua tahap dimana tahap pertama pelatihan keterampilan Limar pada 10 Januari-11 April dan tahap kedua pelatihan keterampilan Sungket pada 13 Juni-8 Oktober. Pelatihan tersebut diikuti oleh 120 mitra binaan berasal dari Desa Limbang Jaya I dan II, Desa Tanjung Pinang dan Desa Tanjung Laut.

Acara tersebut diisi dengan penyerahkan sertifikat kepada peserta mitra binaan yang dilakukan secara simbolis oleh Ridwan, Deputy Regional Manager I Wilayah Kanwil II Palembang, dan Jhondri Anwar wakil dari Departemen Hed PKBL.

 

TEKS   : JUNAEDI ABDILLAH
EDITOR   : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *