LSM dan Ormas Harus Daftar Lima Tahun Sekali

PALEMBANG – Di Sumsel saat ini, ada 602 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Organisasi Masyarakat (Ormas) yang terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumsel.

Kepala Kepala Kesbangpol Sumsel, Yusnin menyebut, Ormas dan OKP di Sumsel wajib untuk mendaftar dalam lima tahun sekali. Artinya, masa terdaftar suatu Ormas dan LSM hanya lima tahun, setelah lima tahun wajib untuk mendaftar kembali.

“Ini berlaku selama lima tahun dan setiap tahunnya, LSM dan Ormas ini harus memberikan laporan dengan catatan jika ada perubahan seperti perubahan struktur pengurusan, program kerja dan sekretariat,” terang Yusnin saat dibincangi, Rabu (8/10). .

Untuk terdaftar di Kesbangpol jelasnya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat dimaksud yakni LSM dan Ormas tersebut, sudah tiga tahun berdiri. Kemudian dari 17 kabupaten/kota di Sumsel, setidaknya ada lima cabang di kabupaten/kota. “Selain itu harus memiliki akta notaris, memiliki AD/ART, struktur pengurusan, rencana program selama satu tahun, memiliki kesekretariatan dan lain-lainnya,” bebernya.

Ormas dan LSM yang terdaftar ini sambungnya, mempunyai peluang untuk mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel. “Namun tidak semuanya, dapat kita bantu di 2015 mendatang. Sebab anggarannya terbatas,” ujarnya.

Menurut Yusnin, untuk mendapatkan bantuan tersebut, LSM dan Ormas yang terdaftar di Kesbangpol akan verifikasi oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sumsel.

BPKAD lah terangnya, yang menentukan LSM dan ormas mana yang mendapatkan bantuan termasuk berapa besar nilai bantuan yang diberikan. “Sementara Kesbangpol, hanya untuk urusan administrasi saja,” terangnya.

Semua bantuan yang diterima LSM dan ormas tersebut jelas Yusnin, walau sifatnya hibah namun tetap harus dipertanggungjawabkan. Pengurus LSM dan Ormas yang mendapatkan bantuan, wajib membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan dana. Laporan itu diserahkan, sebelum batas akhir anggaran.

 

TEKS         : IMAM MAHFUZ

EDITOR        : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *