Gaji Karyawan Transmusi Habiskan Rp 4,9 Miliar

Aksi mogok dan demonstrasi Supir dan Pramuniaga Bus TransMusi di kantor DPRD kota Palembang beberapa Waktu Lalu berujung pada pemecatan beberapa karyawannya | Dok KS

Aksi mogok dan demonstrasi Supir dan Pramuniaga Bus TransMusi di kantor DPRD kota Palembang beberapa Waktu | Dok KS

PALEMBANG – Harapan karyawan PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J) untuk mendapatkan hak mereka yang belum dibayarkan oleh perusahaan, nampaknya segera terwujud. Pasalnya dana di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kota Palembang 2014, sudah bisa cairkan .

Direktur Utama (Dirut) PT SP2J, Marwan Hasmen mengatakan, dana APBD Perubahan 2014 Palembang sudah masuk ke rekening PT SP2J. Namun, dana yang masuk baru Rp 4,9 miliar, dari total pengajuan penyertaan modal sebesar Rp 34 miliar.

“Alhamdulillah hari ini (kemarin) dana sudah masuk. Angka Rp 4,9 itu, khusus untuk pembayaran gaji 800 karyawan PT SP2J, termasuk juga 400 lebih karyawan Transmusi yang terdiri dari sopir, pramugara, staf dan keamanan,” kata Marwan yang dihubungi, Rabu (8/10).

Menurut Marwan, gaji karyawan yang belum dibayar dipastikan akan dibayar sampai lunas. Semua yang menjadi hak karyawan terangnya, akan diberikan. “Besok (Kamis) akan kami bayar. Paling lambat Jumat (10/10), semua tunggakan akan dibayar hingga masa kerja September,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo menyebut, pemkot sudah mentransfer dana penyertaan modal ke PT SP2J. Penggunaannya, diserahkan kepada manajemen PT SP2J.

Yang pasti sebut Harno, pemkot telah anggarkan Rp 34 miliar untuk PT SP2J. “Kami harap, manajemen PT SP2J segera melunasi tunggakan gaji karyawan, karena dananya sudah ada,” terangnya.

Ditanya apakah dana penyertaan modal boleh dipergunakan untuk pembayaran gaji karyawan ? Harnojoyo menjawab, pihaknya hanya bertugas menyerahkan dana itu saja. Urusan selanjutnya, diserahkan kepada PT SP2J. “Dana itu untuk penyertaan modal. Untuk teknisnya di SP2J,” jelasnya sambil berlalu.

Sementara itu, Wakil Ketua sementara DPRD Palembang, Muliadi mengatakan, untuk medorong kemajuan Transmusi, dewan akan mengajak PT SP2J dan Pemkot Palembang untuk koordinasi. Sehingga Transmusi, lebih maju. “Pengguna Transmusi itu masyarakat luas, karenanya harus didorong agar ada perbaikan,” tukasnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR       : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *