Bakal ada 164 Desa dan 12 Kecamatan di Kabupaten Muratara

Ilustrasi Peta Sumsel | Ist

Ilustrasi Peta Sumsel | Ist

MURATARA – Untuk mempercepat pembangunan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas Utara (Muratara) akan memekarkan kecamatan dan desa-desa di kabupaten termuda di Sumsel tersebut.

Dari tujuh kecamatan dan 82 desa di Kabupaten Muratara saat ini, kedepannya akan dimekarkan menjadi 12 kecamatan dan 164 desa. “Kita sudah merancang untuk pengembangan dan pemekaran kecamatan serta desa di Muratara. Tujuannya, untuk mempercepat pembangunan dan memperkuat struktur keuangan daerah,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Muratara,Sastra Manjani Kubitra ketika dibincangi, Rabu (18/10).

Tak hanya pemekaran kecamatan dan desa, Bappeda juga jelas Sastra sudah merancang pembangunan kawasan strategis seperti kawasan ekowisata dan perikanan di Danau Aur, Kecamatan Muara Rupit. Selain itu, ada juga kawasan cepat tumbuh seperti di kawasan objek wisata.

Agar roda pemerintahan dan ekonomi berjalan, Bappeda jelasnya juga sudah merancang sejumlah pembangunan fasilitas pemerintahan dan rumah dinas untuk bupati, Ketua DPRD, Kepala Polres dan lainnya.

Sektor keamanan pun terangnya, mendapatkan perhatian. “Kita ingin Muratara menjadi kabupaten yang aman, sehingga investor banyak masuk untuk berinvestasi disini. Dengan begitu, laju pertumbuhan ekonomi di Muratara bisa dipercepat,” ujarnya.

Sastra yakin, jika semua fasilitas yang dirancang Bappeda itu sudah direalisasikan, maka Muratara kedepannya akan menjadi kabupaten yang terbuka dan banyak didatangi investor maupun wisatawan.

“Dengan banyaknya orang yang datang ke Muratara, maka perekonomian di Kabupaten Muratara akan terus berputar. Karena jual beli dilakukan orang luar daerah juga, bukan warga Muratara saja,” tukasnya.

 

TEKS         : T MASRI SYAH

EDITOR        : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *