Pemasangan Lampu Jalan, Prioritaskan Kawasan Rawan Kejahatan

Ilst. Lampu jalan

Ilst. Lampu jalan | Ist

PALEMBANG – Hingga saat ini, Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan dan Pemakaman (DPJPP) Palembang, sudah menerima permohonan pemasangan lampu jalan di 300 titik di lokasi yang dianggap rawan tindak kejahatan.

Kepala Bidang (Kabid) Penerangan Jalan Umum (PJU), DPJPP Palembang, M Arbain mengatakan, permohonan tersebut dibuat oleh masyarakat. Namun, permohonan itu akan di kaji dahulu mengingat dana pemasangan lampu jalan tersebut cukup besar, sementara dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2014 sangat terbatas

“Yang pasti akan di prioritaskan di lokasi rawan kejahatan atau lokasi pemukiman padat penduduk. Namun, jika tidak bisa terealisasi tahun ini, maka akan dilakukan tahun depan, karena dana dari APBD Perubahan hanya untuk 250 titik pemasangan lampu jalan,” kata Arbain ketika dibincangi, Selasa (7/10).

Arbain mengaku, sepanjang tahun 2014 ini, DPJPP sudah memasang lampu jalan 2.800 titik lampu jalan, yang tersebar di 16 kecamatan di metropolis. “Di 2015 mendatang, kami targetkan bisa lebih banyak lagi dan anggarannya bisa diatas Rp 15 miliar,” harapnya.

Ditanya terkait masih banyaknya lampu jalan di pemukiman yang mati, Arbain menyebutkan, hal tersebut dikarenakan umur lampu yang sudah tua. Tapi akunya, DPJPP sudah menyiapkan penggantian lampu tersebut. “Untuk dananya, berasal dari dana perawatan lampu jalan, jadi lampu yang mati akan di ganti yang baru,” ucapnya tanpa menyebutkan berapa besar biaya perawatan tersebut.

Sementara itu, Kepala DPJPP Palembang, Alex Fernandus mengatakan, pihaknya berkomitmen terkait pemasangan lampu jalan di pemukiman dan daerah rawan kejahatan dan kecelakaan akan diprioritaskan.

“Secara umum, seluruh wilayah Palembang sudah 80 persen diterangi lampu jalan. Namun, seiring perkembangan dan bertambahnya jumlah penduduk maka kebutuhan akan lampu jalan juga meningkat,” tukasnya.

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *