Kabut Asap Ganggu Jadwal Penerbangan Bandara Silampari

Alat General Matic Concil (GMC) sangat penting digunakan di bandara. Nampak Bandara SMB II Palembang diselimuti kabut asap. Foto ; Iwan Cheristian

Kabut Asap | Foto ; Iwan Cheristian

LUBUKLINGGAU – Kabut asap yang menyelimuti Kota Lubuklinggau, semakin pekat. Bahkan akibat kabut asap tersebut, jadwal penerbangan di Bandara Silampari, mulai terganggu. Jadwal penerbangan Aviastar dari Lubuklinggau ke Jakarta, sempat beberapa kali mengalami penundaan pemberangkatan.

Staf ticketing Aviastar, Novi Susanto yang dibincangi Kabar Sumatera, Rabu (7/10) mengakui terganggunya jadwal penerbangan Aviastar akibat kabut asap. Menurutnya, manajemen Aviastar mengambil kebijakan untuk menunda jadwal keberangkatan dari Lubuklinggau ke Jakarta.

“Penerbangan kita selama ini, dilakukan seminggu dua kali yakni Selasa dan Kamis. Namun setiap akan dilakukan penerbangan, sering tertunda akibat terganggu kabut asap yang pekat. Penundaan terpaksa dilakukan, demi keamanan,” kata Novi.

Ia menerangkan, kabut asap terparah terjadi pada September lalu. Saat itu, jarak pandang tidak memungkinkan dilakukan penerbangan sehingga Aviastar sempat dua kali menunda penerbangan. Namun untuk Oktober jelas Novi, belum ada jadwal penerbangan yang tertunda.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lubuklinggau, Nawawi Akib mengaku Dinkes sudah menghimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah atau menggunakan masker jika harus beraktivitas di luar rumah. “Masyarakat yang mengendarai kendaraan, juga kita himbau untuk menghidupkan lampu kendaraanya walau di siang hari,” tukasnya.

 

TEKS           : T MASRI SYAH

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *