Dewan Enggan Kembalikan Mobil Dinas, Sekwan Dinilai Tidak Tegas

Ilustrasi Mobil Dinas | Dok KS

Ilustrasi Mobil Dinas | Dok KS

KAYUAGUNG – Anggota dewan yang tidak lagi terpilih, sampai saat ini masih ada sebagian yang enggan mengembalikan mobil dinas. Padahal sebelumnya Sekretaris Dewan (Sekwan), Ahmad Fauzi, mengatakan, dalam waktu dekat para dewan akan mengembalikan  inventaris tersebut secepatanya, namun nyatanya janji tersebut tak terealisasi.

Mereka yang mengulur-ulur waktu pengembalian mobil dinas, diduga lantaran pihak Sekwan kurang tegas kepada para anggota dewan tersebut, sehingga sampai saat ini mobil dinas tersebut belum juga dikembalikan.

Adapun mereka anggota dewan yang belum mengembalikan, yakni Sudrono Asnawi, yang saat ini berangkat menunaikan ibadah haji, Muhammad Teguh, dari partai Gerindra, Maun dari PAN.

Beber Sekwan, Sudrono telah berjanji kepadanya akan mengembalikan mobnas sepulang dari berangkat haji, sementara M Teguh akan mengembalikan pada Senin lalu. Namun janji tersebut sepertinya tidak juga ditepati M Teguh, karena dari janji sudah berlansung dua minggu, tetapi yang bersangkutan belum juga mengembalikan mobil dinas tersebut.

“Masih kok mobilnya sering di parkir di rumahnya,” kata Bobi, warga Pedamaran kepada Kabar Sumatera, Selasa (8/10).

Selain permasalahan para dewan yang belum kunjung mengembalikan mobnas tersebut, para staf di ruangan Sekwan dinilai menutup nutupi permasalahan ini. Bahkan, mereka para staf di pintu masuk ruangan Sekwan ketika ditanya wartawan, apakah para dewan sudah mengembalikan mobnas. Mereka mengatakan kalau semua mobil dinas sudah dikembalikan.

“Ya semua dewan sudah mengembalikan,” kata seorang staf di pintu masuk ruangan Sekwan.

Lagi-lagi Sekwan kembali berjanji, bila mana para anggota dewan yang dimaksud tidak juga mengembalikan mobil dinas tersebut, pihaknya akan mengambil tindakan tegas. Dan mengirim surat langsung kepada para dewan bersangkutan.

“Kita terpaksa ambil tindakan tegas kalau belum juga dikembalikan dalam waktu dekat ini,” ujar Ahmad Fauzi.

Mengenai tentang belum dikembalikannya mobdin oleh M Teguh, juga dibenarkan oleh salah satu kader partai Gerindra yang namanya tidak mau disebutkan. Ya setahu saya memang belum mengembalikan, seharusnya begitu jabatan berakhir. Dewan harus mengembalikan barang inventaris tersebut.” ungkapnya.

Ketua LSM Lembaga Pemantau Kebijakan Publik, Hari Putra, SH. Menanggapi hal ini, mengatakan seharusnya dewan begitu masa jabatannya berakhir mereka harus sadar diri dan mengembalikan mobil dinas yang mereka pakai.

“Ya, seharusnya mereka itu cepat sadar diri mengembalikan mobil dinas tersebut. Jangan nunggu sampai harus diambil paksa baru mau menyerahkan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, dalam hal ini Sekda harus mengambil tindakan tegas dengan mengirimkan surat peringatan kepada para anggota dewan yang belum mengembalikan mobil dinas itu.

 

TEKS   : DONI AFRIANSYAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *