Tiga Mantan Dewan Sumsel “Tahan” Mobil Dinas

Ilustrasi Mobil Dinas | Dok KS

Ilustrasi Mobil Dinas | Dok KS

PALEMBANG – Hingga deadline 30 September 2014, ternyata masih ada tiga mantan anggota DPRD Sumsel yang “menahan” mobil dinas (mobdin) yang dipinjamkan kepadanya. Selain itu, ada 26 anggota DPRD Sumsel yang terpilih kembali juga tidak mengembalikan mobil dinas yang dipinjamkan padahal aturannya, mobil dinas itu harus dikembalikan dahulu kemudian diserahterimakan kembali.

Sekretaris DPRD Sumsel, Ramadhan S Basyeban yang dibincangi Kabar Sumatera, Rabu (1/10), membenarkan itu. Menurutnya, saat ini baru 42 anggota DPRD Sumsel periode 2009-2014 yang sudah mengembalikan mobil pinjaman tersebut ke Sekretariat Dewan (Setwan).

Selain itu, ada 26 mobdin yang masih dipegang anggota DPRD Sumsel periode lalu yang terpilih kembali, tanpa dikembalikan lebih dahulu kemudian diserahterimakan kembali. “Sehingga totalnya, ada 68 mobdin yang ada pada kita,” kata Ramadhan.

Siapa tiga mantan anggota dewan yang belum kembalikan mobdin pinjaman itu ? Ramadhan menyebut, salah satunya adalah Adi Rasyidi dari Fraksi Partai Demokat. “Namun ia sudah konfirmasi, akan mengembalikan secepatnya,” ujarnya.

“Sementara untuk 26 anggota dewan yang terpilih kembali, harusnya mobdin itu dikembalikan dulu baru kemudian diserahterimakan kembali. Ini sesuai Permendagri Nomor 17 tahun 2007 tentang Penggunaan Aset Daerah,” sambungnya.

Terpisah mantan anggota DPRD Sumsel, RHM Rasyidi saat dikonfirmasi mengakui ia belum mengembalikan mobdin yang dipinjamkan saat masih menjabat sebagai wakil rakyat. “Mobilnya masih diperbaiki, rencana kemarin mau dikembalikan. Siang ini (kemarin) akan saya kembalikan sekarang masih dalam perjalanan menuju DPRD,” ungkapnya saat dikonfirmasi melalui handphone (HP) nya.

Tinggal 20 Persen

Sementara itu Sekretaris DPRD Kota Palembang, Syaiful Anwar menyebut saat ini sudah 80 persen mobdin yang dipinjamkan kepada anggota DPRD Kota Palembang periode 2009-2014, yang dikembalikan.

“Tinggal 20 persen lagi yang belum dikembalikan, artinya sekitar 10 mobdin yang belum dikembalikan. Mobdin itu ada pada anggota DPRD Kota Palembang periode 2009-2014 yang terpilih kembali, sementara yang tidak terpilih kembali semuanya sudah dikembalikan,” tukasnya.

 

TEKS           : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *