PT Taspen Salurkan Dana Pensiun Rp 122 Miliar Perbulannya

taspen

Ilustrasi PT Taspen

PALEMBANG – Setiap bulan, PT Taspen (Persero) Cabang Palembang menyalurkan dana pensiun sebesar Rp 122 miliar. Dana tersebut dibagikan kepada 55.000 orang pensiun yang ada di Sumatera Selatan (Sumsel).

“Iya, di Sumsel ini ada 55.000 orang pensiun. Setiap bulannya mereka dibayarkan uang pensiun dengan dana Rp122 miliar per bulan,” kata Kepala PT Taspen Cabang Palembang, Kristiyanto ditemui usai Penyampaian Bukti Pembayaran Pensiun PNS dan Tabungan Hari Tua Pejabat Negara dengan Wakil Gubernur Sumsel, Rabu (1/10).

Dari 55.000 orang pensiun yang ada di Sumsel, ada 13.000 orang PNS daerah otonom ataupun PNS pusat. Sementara selebihnya adalah pensiunan ABRI, veteran dan sebagainya yang sudah pensiun sebelum April 1988 lalu.

“Keikutsertaan menjadi bagian Taspen itu adalah wajib baik PNS daerah otonom dan PNS pusat. Tapi di Sumsel ini masih banyak yang belum ikut Taspen, karenanya kami terus lakukan sosialisasi di setiap kabupaten kota se-Sumsel,” jelas dia.

Sosialisasi itu dalam bentuk pelayanan pro aktif kepada PNS yang ada di kabupaten dan kota se-Sumsel. “Kami lakukan layanan jemput bola, bagi yang masih repot dalam mengurusi persyaratan Taspen, kami akan bantu,” imbuhnya.

Ditanya mengenai nasib Taspen jelang peralihan menjadi BPJS Pensiun, Kris menuturkan, pihak Taspen baru saja melakukan pembahasan dengan Wamenpan namun belum ada kepastian. “Dalam BPJS Pensiun itu, Taspen dan Asabri harus menyerahkan. Untuk realisasi masih panjang waktunya,” ungkapnya.

Ia pun menuturkan peralihan itu masih banyak pro dan kontra. “Kami sekarang juga tengah meminta dukungan dari PNS yang ada juga agar lebih menguatkan Taspen,” ujar Kris.

Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki menyebut sangat bangga dengan pelayanan Taspen dalam mengurus dana pensiun miliknya, saat mengundurkan diri dari OKI. “Saya pensiun dari 2011, tapi karena suatu hal, saya baru bisa selesaikan saat ini. Saya lambat dalam menyelesaikan syarat-syarat yang ada. Tapi Taspen mendukung penuh,” kata dia.

Ia pun menghimbau agar Taspen bisa mensosialisasikan keistimewaan layanan Taspen kepada semua PNS yang ada. Hal itu agar setiap karyawan bisa memahami pentingnya layanan pensiun itu sehingga gaji tidak terputus.

“Karena ini penting menyangkut hak pegawai, jadi sebelum masa kerja selesai, baiknya setiap karyawan menyelesaikan administrasi ke Taspen. Sehingga gajinya usai dipensiunkan tidak terputus,” tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *