Peminat KB Pria Minim

Ilustrasi Kondom | Ist

Ilustrasi Kondom | Ist

MUARAENIM – Meski sosialisasi program Keluarga Berencana (KB) untuk pria, terus dilakukan oleh petugas UPTD KB Tanjung Agung selama ini, tetapi peminat KB pria masih minim. Belum banyak kaum pria, yang meminati alat kontrasepsi tersebut dengan berbagai alasan.

Ini terungkap dalam laporan UPTD KB Tanjung Agung pada Agustus 2014 lalu, dalam laporan tersebut tertera hanya 19 orang pria saja yang berminat mengikuti program KB pria tersebut.

Kepala UPTD KB Tanjung Agung, Idris ketika dibincangi, Rabu (1/10) mengakui itu. Menurutnya, sosialisasi KB untuk pria terus dilakukan namun peminatnya masih minim. Menurutnya dari tujuh jenis alat kontrasepsi yang ada, hanya KB untuk pria saja yang masih kurang diminati.

Bahkan, ada beberap desa yang sama sekali kaum prianya enggan menggunakannya.”Padahal sosialisasi, sudah terus kita lakukan hingga ke seluruh desa melalui berbagai kegiatan, terutama bekerja sama dengan Posyandu dan bidan desa,” kata Idris.

Menurutnya, kaum pria masih menganggap bahwa KB itu masih aneh dan asing. Mereka masih berangapan KB itu, hanya diikuti oleh kaum wanita dewasa atau ibu-ibu. Walau pun begitu jelasnya, UPTD KB Tanjung Agung bersama petugas penyuluh di lapangan, terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai program KB khususnya kaum pria.

Secara keseluruhan jelasnya, di Kecamatan Tanjung Agung partisipasi KB mencapai 75 persen. Sisanya memang masih dalam usia produktif. “Berdasarkan laporan Agustus, partisipasi KB dari tujuh jenis alat kotrasepsi untuk IUD 455 orang, MOW 304 orang, MOP 19 orang, KDM 302 orang, IMP 1857 orang, STK 1742 orang, Pil 966 orang, total 5645 aseptor di 26 desa,” tuturnya.

Lanjutnya, disetiap desa sudah dibentuk Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) yang dipelopori oleh warga setempat. Dalam bekerja, kader tersebut bekerja sama dengan bidan desa, posyandu untuk melakukan sosialisasi tentang KB kepada masyarakat.

“Bahkan, di Desa Muara Emil mendapat PPKBD terbaik nasional,” tukasnya.

 

TEKS          : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *