Idul Adha Tetap 5 Oktober, HBA : Masyarakat Silakkan Ikuti Keyakinan

Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri

Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri

EMPAT LAWANG – Tahun ini, perayaan Hari Raya Idul Adha 1435 Hijiriyah bakal terjadi perbedaan. Pasalnya, pemerintah Arab Saudi menetapkan Idul Adha 1435 Hijiriyah jatuh pada Sabtu (4/10). Sementara pemerintah Indonesia, kemungkinan besar menetapkan Idul Adha bakal jatuh pada Minggu (5/10).

Terkait ini, Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA) menghimbau masyarakat di Empat Lawang tidak perlu mempersoalkan perbedaan tersebut. Masyarakat disarankan, untuk merayakan Idul Adha sesuai dengan keyakinan masing-masing.

Namun kata HBA, sesuai hasil musyawarah bersama unsur Muspida Empat Lawang dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kantor Kementrian Agama (Kemenag), perwakilan Muhamadyah, Nahdatul Ulama (NU), serta sejumlah tokoh agama dan masyarakat, Pemkab Empat Lawang akan merayakan Idul Adha pada 5 Oktober.

Sehingga jelasnya, Shalat Id dan open house yang akan digelar di Masjid Jamik, Kelurahan Pasar Tebing Tinggi diikuti pemotongan hewan qurban juga akan dilakukan pada 5 Oktober. Namun pada 4 Oktober jelasnya, akan dilaksanakan takbiran keliling bersama masyarakat.

“Kita sudah musyawarah, Empat Lawang ikut ketentuan pemerintah pada 5 Oktober. Namun bagi masyarakat, silahkan ikuti keyakinan masing-masing,” kata HBA yang dibincangi usai pertemuan dengan unsur Muspida Empat Lawang, Rabu (1/10).

Menyikapi perbedaan jadwal Shalat Id di Arab Saudi dan Indonesia, HBA menjelaskan, ada selisih satu hari mengacu pada rukun ibadah haji Shalat Id di Arab Saudi pada Sabtu (4/10), nah kalau ketetapan pemerintah Indonesia jatuh pada Minggu (5/10).

Semua sebutnya, tentu ada alasan dan argumen sesuai syari’ah dan kaidah Islam, sebagai umat terang HBA, kita hanya mengikuti keyakinan saja. “Kalau saya secara pribadi dan keluarga Insya Allah akan melakukan Shalat Id pada Sabtu, 4 Oktober. Begitu juga dengan pak Syahril, tetapi itu bukan sebagai bupati dan wabup namun berdasarkan keyakinan pribadi,” ucapnya.

Musyawarah yang dilakukan Pemkab Empat Lawang bersama unsur muspida ini digelar kemarin sekitar pukul 10.00 WIB. Hadir dalam musyawarah tersebut antara lain, Wabup H Syahril Hanafiah, Plt Sekda H Aminudin Bahar, Ketua MUI Empat Lawang HM Toha, Ketua Muhamadyah Empat Lawang Khairullah, Kepala Kankemenag H Khusrin.

Kemudian, Kepala Bagian Kemasyarakatan Setda, perwakilan Kapolres dan Dandim serta sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat Empat Lawang. Hasil musyawarah itu menetapkan perayaan Idul Adha di Empat Lawang akan dilaksanakan pada 5 Oktober mendatang.

 

TEKS          : SAUKANI

EDITOR       : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *