Lapas Merdeka Kekurangan Air Bersih

Ilustrasi | Ist

Ilustrasi | Ist

PALEMBANG – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) klas I Palembang, masih kekurangan air bersih. Hal ini diungkapkan Kepala Lapas Klas I Palembang, Farid Junaedi saat dibincangi usai melakukan pertemuan dengan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, kemarin.

Farid mengatakan, Lapas Klas I Palembang masih membutuhkan air bersih untuk dialirkan ke kamar-kamar yang ada di Lapas. “Air bersih dari PDAM, saat ini tidak sampai ke ruangan atau ke kamar-kamar yang ada di lapas,” kata Farid.

Agar air yang berasal dari PDAM tersebut bisa dialirkan ke ruangan atau kamar tersebut, diperlukan pipanisasi untuk mengalirkannya. “Tadi pak gubernur, berjanji untuk pipanisasi ini akan dianggarkan di tahun depan,” terang Farid.

Farid menjelaskan, selain permasalahan air bersih, permasalahan lain yang dihadapi pihaknya yaitu tidak cukupnya kamar atau kapasitas kamar yang sudah overload. “Untuk saat ini jumlah narapidana (Napi) yang ada di Lapas Klas I Palembang sebanyak 1.553 orang, sedangkan untuk kapasitas kamar yang tersedia sebanyak 700 an,” jelas Farid.

Dari jumlah napi tersebut, sebagian besar terangnya didominasi napi narkotika. “Untuk jumlah napi narkotika yang ada di Lapas Klas I Palembang, sebanyak 659, 7 orang napi terorisme, sedangkan sisanya terbagi-bagi,” ungkap Farid.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menyebut, banyak persoalan di Lapas Klas 1A yang harus diselesaikan. Diantaranya sebut Alex, adalah persoalan air bersih dan kelebihan kapasitas tahanan. “Saya berencana akan melihat langsung situasi dan kondisi di Lapas Klas I Palembang. Namun untuk kepastiannya, saya belum tahu,” tukasnya.

 

TEKS        : IMAM MAHFUZ

EDITOR       : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *