Kabut Asap di Bandara Internasional SMB II, Sejumlah Pesawat Delay

Alat General Matic Concil (GMC) sangat penting digunakan di bandara. Nampak Bandara SMB II Palembang diselimuti kabut asap. Foto ; Iwan Cheristian

Nampak Bandara SMB II Palembang diselimuti kabut asap. Foto ; Iwan Cheristian

 

PALEMBANG – Kabut asap tebal yang menyelimuti bandara sultan mahmud badaruddin II terpaksa gagal terbang dan gagal mendarat. Beberapa pesawat yang gagal terbang maupun mendarat diantaranya pesawat Garuda Indonesia GA 105 dan GA 107 tujuan Jakarta, pesawat Lion Air JT 1341 tujuan Jakarta. Kemudian Citilink QG 111 tujuan Halim Perdana Kusuma dan QG 930 tujuan Batam.

Berdasarkan pantauan Kabar Sumatera sejak Jumat (26/9) pagi ratusan penumpang pesawat dari berbagai airlines gagal berangkat dan masih menunggu jadwal ulang pemberangkatan di Boarding Lounge Bandara Internasional SMB II Palembang.

Jarak pandang yang terparah hanya 100 meter, hingga jelang pukul 10 berkisar 700 meter, membuat pihak groundhandling yang menangani layanan penumpang maskapai di ruang tunggu ini pun berupaya memberikan informasi kendala penerbangan dan rencana ulang penerbangan.

“Ya bagaimana lagi kalau sudah seperti ini tidak ada yang bisa disalahkan karena ini ganngguan alam kita juga tidak mau kalau dipaksa berangkat bisa-bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Lisa, salah seorang penumpang.

Penumpang lainnya, Handayani yang hendak menuju ke Jakarta mengatakan, awalnya jadwal berangkat ke Jakarta pukul 05.50 WIB untuk menghadiri sejumlah agenda dengan pesawat Garuda Indonesia. Namun, setelah menunggu lama belum ada kepastian berangkat bahkan diumumkan bandara tidak bisa terbang maupun menerima kedatangan pesawat.

 

TEKS   : SONNY KUSHARDIAN

EDITOR   : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *