2017, Empat Lawang Targetkan Jadi Lumbung Pangan

Tugu Emass Salah satu Icon Kab Empat Lawang

Tugu Emass Salah satu Icon Kab Empat Lawang

EMPAT LAWANG – Pemerintah Kabupaten Empat Lawang menargetkan, pada 2017 mendatang Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, menjadi salah satu lumbung pangan di Sumatera Selatan (Sumsel). Target tersebut diyakini bisa tercapai.

Sebab menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Empat Lawang, H Nanti Kasih Ade, pada 2016 di proyeksikan Empat Lawang sudah memiliki lahan persawahan baru seluas 3037 hektar.

Jumlah ini dicapai, setelah terselesaikannya pembangunan Irigasi Lintang Kiri, Tanjung Ning dan Lintang Kanan. Untuk Irigasi Lintang Kiri sendiri, siring skundernya akan mencakup ke 32 desa dari tiga kecamatan yaitu Muara Pinang, Lintang Kanan dan Pendopo. “Untuk bendungan ada di Kecamatan Muara Payang, saat ini masih pembangunan siring primernya,” jelas Nanti Kasih ketika dibincangi, Selasa (23/9).

Anggarannya ? menurut Nanti Kasih, pembangunan Irigasi Lintang Kiri dibiayai dari dana bantuan Kementrian Pekerjaan Umum (PU) sebesar Rp 200 miliar. Pembangunan irigasi itu, dilakukan dengan sistem multi years. Pada tahap awal pembangunan bendungan dan irigasi primer, sudah dikucurkan dana Rp 100 miliar. Tahun ini, ada penambahan Rp 46 miliar. Begitu juga di 2015.

Sementara untuk pembangunan siring skunder jelas Nanti Kasih, tinggal menunggu penyelesaian kompensasi bagi pemilik lahan yang lahannya dibebaskan untuk proyek tersebut.

“Jika irigasi itu selesai dibangun, maka bisa mengairi 3.307 hektar areal persawahan. Saat ini, sebagian lahan untuk persawahan tersebut masih berupa sawah tadah hujan serta sebagian kecil lahan kosong dan kebun warga. Ada sekitar 1800 hektar harus diperbaiki penuh,” ucapnya.

Selain Irigasi Lintang Kiri kata Nanti Kasih, pada 2015 direncanakan pembangunan irigasi di Desa Tanjung Ning, Kecamatan Saling. Untuk pembangunannya dianggarkan dana Rp 40 miliar. Irigasi itu nantinya, bisa mengairi sekitar 300 hektar lebih areal persawahan disekitarnya.

Tak hanya itu, rencana juga pembangunan irigasi di Kecamatan Lintang Kanan. “Jadi jelas, dengan kecukupan sarana pengairan berupa irigasi, kita yakin proyeksi lumbung pangan Sumsel di Empat Lawang pada 2017 bisa tercapai,” ungkapnya optimis.

Selain padi imbuhnya, dengan dimaksimalkannya irigasi Lintang Kiri, Tanjung Ning dan Lintang Kanan, potensi pertumbuhan hasil pertanian dan ketahanan pangan meningkat. Juga peningkatan dibidang peternakan dengan pemanfaatan sumber air, membentuk penangkaran ikan dan pembibitan.

 

TEKS          : SAUKANI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *