Stok Hewan Qurban Dipastikan Aman

Ilst. Hewan Qurban | Dok KS

PALEMBANG – Dinas Peternakan (Disnak) Sumsel memastikan stok hewan qurban di Sumsel, tercukupi. Kepastian itu didapatkan Disnak, setelah melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota di Sumsel.

Kepala Disnak Sumsel, Max Sulistyo menyebut, kabupaten/kota sudah diminta untuk memastikan stok hewan qurban di daerahnya masing-masing agar mencukupi untuk memenuhi kebutuhan . “Kita juga sudah memantau dan mengawasi terhadap para peternak yang ada di kabupaten/kota di Sumsel,” kata Max yang dibincangi, Selasa (9/9).

Max juga menyebut, Disnak Sumsel sudah bekerjasama dengan Pemkot Palembang, untuk memeriksa kesehatan hewan itu, sebelum dinyatakan layak disembelih dan dikonsumsi oleh masyarakat.

“Nanti kita bentuk tim bekerjasama dengan Pemkot Palembang, untuk memeriksa hewan-hewan qurban yang dijajakkan dipinggir-pinggir jalan. Hal ini termasuk syarat sebagai kriteria penilaian, apakah hewan tersebut dalam kondisi baik atau tidak,” tegasnya.

Ia mengungkapkan, pemeriksaan yang dilakukan sendiri terhadap hewan tersebut, seperti memeriksa penyakit mata, stres akibat perjalanan jauh, dan penyakit-penyakit lain yang ditakutkan menular terhadap hewan disekelilingnya. Sebab, kalau tidak ada pemeriksaan seperti ini, dikhawatirkan ada oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab dan itu bisa meresahkan warga.

“Oleh karena itu, masyarakat juga harus pandai dalam memilih hewan sebelum dijadikan sebagai qurban. Kami menghimbau lagi supaya warga mengetahui kondisi fisiknya yang benar-benar sehat, dan yang paling penting harus sesuai dengan syariat agama,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Sumsel, Richard Chahyadi mengatakan pada Idul Adha mendatang, pemprov akan menggelar Shalat Id di halaman Kantor Gubernur Sumsel.

“Kita juga akan memotong hewan qurban, dari beberapa SKPD. Ada 10-15 ekor sapi, yang akan di qurbankan nantinya. Nantinya hewan qurban itu akan dibagikan ke pegawai dan masyarakat, untuk menukarkannya ada kupon yang kita sediakan,” tukasnya.

 

TEKS         : IMAM MAHFUZ

EDITOR       : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *