Tahun Depan Pemkot Palembang Terapkan Sistem e-Harga

Ilst. Internet

Ilst. Internet

PALEMBANG – Untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan atau praktik korupsi di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, mulai tahun depan akan diterapkan sistem eletronik harga (e-harga) atau satuan harga di semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Palembang, Sapri Nungcik mengatakan, sistem harga yang dipublikasikan secara elektronik tersebut, sebagai upaya Pemkot Palembang dalam membenahi pola pengadaan barang dan jasa agar akuntabel, terbuka, transparan dan dapat di evaluasi.

“Jadi semua kontraktor bisa mengakses internet, apabila mau ikut tender. Kalau selama ini, tender dilakukan manual tidak dipulikasikan, sehingga dianggap menghambat dalam melaksanakan tender. Dengan adanya sistem baru ini, mudah-mudahan lebih baik lagi kedepannya,” katanya, Senin (1/9).

Sapri menyebutkan, walaupun sistem baru tersebut baru akan dilaksanakan pada tahun 2015 mendatang, tapi pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada SKPD, kecamatan maupun kelurahan di Palembang. “Sudah kami sosialisasikan. Kami menggadeng pihak yang sudah menerapkannya seperti Pemkot Surabaya, Jakarta dan Bandung,” bebernya.

Sapri mengaku, sistem e-harga tersebut, bukan hanya bisa mempercepat dalam proses tender. Tapi, bisa juga mengantisipasi terjadinya kecurangan dan praktik korupsi. “Korupsi harus dicegah sejak awal. Sehingga tidak menular kemana-mana,” terangnya.

Sambung Sapri, didalam e-harga tersebut juga sudah bisa ditentukan harga untuk kebutuhan pembangunan sebuah proyek. Artinya akan lebih memudahkan. “Proses tender tidak perlu lama, karena sebuah proyek sudah bisa diprediksi melalui harga yang tertera di dalam e-harga tersebut,” bebernya.

Sapri menambahkan, dalam e-harga tersebut, harga satuan untuk SKPD disamakan.  “Misalnya, pengadaan satu sak semen. Antara SKPD A dan SKPD B sama. Kalau terjadi perbedaan perlu dilihat kinerjanya. Karena dalam e-harga sudah ada semua,” tukasnya.

 

TEKS        : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR      : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com