Realisasi Retribusi SKPD Minim, PD Pasar Palembang Jaya Nol Besar

Ilst. Retribusi

Ilst. Retribusi

PALEMBANG – Pendapatan retribusi Kota Palembang untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga akhir Juli 2014, baru tercapai Rp 50.17 miliar dengan persentase 31,96 persen. Padahal target yang ditentukan adalah Rp 157.00 miliar.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Palembang, Agus Kelana mengatakan, realisasi penerimaan retribusi Rp 50.17 miliar itu berasal dari 42 jenis retribusi, yang dibebankan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan kecamatan di Palembang.

Menurutnya, realisasi yang paling minim adalah retribusi penggantian biaya KTP dan Kartu Keluarga (KK). “Retribusi paling minim itu, ada di 16 kecamatan. Pencapaiannya nol. Karena dalam peraturan Pemerintah Pusat maupun Kota Palembang, biaya penggantian KTP dan KK gratis, sehingga retribusinya tidak berjalan,” jelas Agus, kemarin.

Sementara untuk retribusi dari dinas Kebersihan Kota (DKK), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Tata Kota (DTK) dan SKPD lainnya, rata-rata baru terealisasi 25-35 persen dari target. “Ada juga yang baru 11 persen. SKPD yang belum memenuhi angka standar itu, akan dipanggil oleh wakil wali kota. Mereka akan ditanya apa kendala yang dihadapi sehingga realisasinya minim,” jelasnya.

Menurut Agus, belum optimalnya penerimaan retribusi tersebut karena banyak hambatan yang ada di SKPD. Misalnya untuk retribusi penyeberangan air pada Dishub Palembang, kendalanya minimnya realisasi retribusi karena pengguna bus air masih sepi. “Bus air jarang terpakai, sehingga dari target Rp 2.86 miliar baru terealisasi Rp 828 juta atau 28 persen,” bebernya.

Untuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang realisasinya paling minim adalah PD Pasar Palembang Jaya. Dari target retribusi tahun Rp 15 miliar, pencapaiannya masih nol persen. “Sementara PDAM  Tirta Musi, dari target Rp 27 miliar realisasinya baru Rp 5,15 miliar atau 19 persen,” tukasnya.

 

TEKS           : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *