Pertamina Tambah Stock Pengisian BBM di Bandara

 

Ilustrasi | Ist

Ilustrasi | Ist

PALEMBANG – PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) II menyiapkan tambahan 120 kiloliter avtur untuk memenuhi kebutuhan penerbangan jamaah haji di Bandar Udara Sultan Mahmud Badarudin II, Palembang, Sumatera Selatan.

Alicia Irzanova, Senior Supervisor External Relation Pertamina MOR II mengatakan pada hari-hari biasa, Depot Pengisian Bahan Bakar Pesawat Udara Sultan Mahmud Badarudin II melayani 35 penerbangan dengan konsumsi avtur rata-rata 80 kiloliter per hari.

“Namun, dengan adanya penerbangan haji embarkasi Palembang, konsumsi avtur di DPPU SMB II diperkirakan akan meningkat menjadi 200 kiloliter per hari. Rencananya, penerbangan pertama jemaah haji akan dilaksanakan pada tanggal 2 September 2014,” katanya, Minggu (31/8).

Menurutnya, selain menjamin ketersediaan pasokan, pihaknya juga melakukan berbagai langkah untuk memastikan pengisian avtur dapat berjalan tepat waktu. Pasalnya, ketepatan waktu sangat berpengaruh pada jadwal keberangkatan pesawat, baik yang reguler maupun khusus untuk angkutan haji.

“Langkah yang telah dilakukan Pertamina untuk layanan haji antara lain dengan menambah Bridger (mobil tangki pengangkut avtur) dari kilang Pertamina RU III Plaju ke DPPU SMB-II,  dari total 6 bridger dengan kapasitas 96 kiloliter menjadi 14 bridger dengan kapasitas 224 kiloliter,” kata Alicia.

Tak hanya itu, jelasnya supply yang biasanya dilakukan satu kali sehari ditambah menjadi  dua kali sehari. Pertamina DPPU SMB-II juga menambah satu unit mobil Refueler kapasitas 16 KL untuk pengisian ke pesawat guna menjamin ketepatan waktu pengisian ke pesawat haji maupun pesawat reguler. Adapun waktu yang diperlukan pengisian pesawat haji lebih kurang 1 jam.

Alicia mengungkapkan dibandingkan dengan tahun lalu, kebutuhan avtur selama musim haji tahun ini di Bandara Sultan Mahmud Badarudin II pada 2014 mengalami peningkatan sekitar 40 KL per hari menjadi 120 KL per hari dari 80 KL per hari pada 2013.

Dia menjelaskan pada 2014, Bandara Sultan Mahmud Badarudin II melayani 13 kloter haji yang akan memberangkatkan 5.820 jemaah haji atau sekitar 3,5% dari total jamaah nasional.

“Para jemaah haji akan diterbangkan dengan pesawat Boeing 747-400 yang berkapasitas 455 kursi. Sebelumnya pada 2013, jemaah haji menggunakan pesawat Airbus 330 yang berkapasitas 315 kursi.” tutupnya.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *