Papan Nama Toko akan Ditertibkan

Ilustrasi Reklame

Ilustrasi | Ist

PALEMBANG – Untuk memberikan kesan rapi dan indah di Kota Palembang, Dinas Tata Kota (DTK) Palembang, kembali akan menertibkan papan nama toko dan reklame yang berada di pinggir jalan protokol di metropolis.

Kepala DTK Palembang, Isnaini Madani mengatakan, penertiban yang akan dilakukan itu merupakan penertiban lanjutan. Sebelumnya penertiban sudah dilakukan, namun terhenti dibulan ramadhan lalu.

“Penertiban itu, untuk menjaga estetika Kota Palembang, karena pemasangan papan nama yang berada di depan toko sudah sangat banyak saat ini,” kata Isnaini saat dihubungi, Minggu (31/8).

Isnaini menyebutkan, penertiban tersebut akan dilakukan di beberapa jalan utama di Kota Palembang. Seperti,  Jalan Jenderal Sudirman, Ahmad Yani, R Sukamto, Kolonel H Burlian, Ryacudu, H Bastari, DI  Panjaitan, Basuki Rahmad dan Demang Lebar Daun.

“Penertiban papan nama toko, baik jasa dan usaha, serta reklame yang terlihat tidak indah akan kami tertibkan. Sejauh ini penertiban tidak mengalami kendala apa-apa, hanya ada sebagian pemilik toko yang menolak karena menurut mereka papan nama tersebut bertujuan untuk promosi,” terangnya.

Isnaini berharap, pemilik toko bisa memaklumi penertiban yang dilakukan pihaknya. Karena hal itu untuk mewujudkan Palembang yang lebih tertib. Sebutnya, dalam melakukan penertiban DTK,  tidaklah sembarangan karena sebelum ditertibkan dilakukan survei terlebih dahulu untuk memastikan ada papan nama yang terlihat mengganggu pemandangan.

“Misalnya dipinggir jalan yang hampir ke luar dari halaman toko. Karena biasanya pemilik toko berebut untuk meletakkan tiang papan nama usahanya semakin ke depan dari tokonya untuk menarik perhatian masyarakat, tapi itu salah,” ujarnya.

Isnaini menambahkan, sebenarnya, tidak ada larangan bagi pemilik toko untuk memasang papan nama toko sebagai bentuk promosi. Tapi, harus sesuai aturan .  “Silahkan membuat papan nama toko yang indah serta semenarik mungkin. Misalnya, dengan membuat papan nama toko kolektif yang bisa dibuat dalam neon box yang terang dan akan terlihat cantik. Pemilik toko bisa juga menggandeng reklame dari sponsor seperti bank atau produsen rokok. Sehingga, bisa menunjang finansial papan nama yang mungkin relatif lebih mahal. Intinya jangan merusak estitika,” tukasnya.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *