Masyarakat Berharap Dewan Lebih Pro Aktif

DPRD

BANYUASIN – Anggota DPRD Banyuasin periode 2014-2019, bakal dilantik pada pertengahan September mendatang. Sejumlah harapan diinginkan masyarakat, terhadap para wakil rakyat tersebut terutama pro aktif mereka terhadap kepentingan masyarakat.

Karyono, tokoh masyarakat Pulau Rimau yang dibincangi Kabar Sumatera, kemarin menyebut anggota DPRD Banyuasin periode 2009-2014, belum maksimal menjalankan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat.

“Memang ada yang telah mereka berikan ke masyarakat, namun masih banyak yang perlu dibenahi. Ada kesan, anggota DPRD Banyuasin periode 2009-2014, kurang memihak kepada kehidupan masyarakat pada jangka panjang,”kritik Karyono.

Misalnya sebut Karyono, pada pembangunan infrastruktur yang didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Banyuasin. Menurutnya, banyak proyek fisik seperti peningkatan hingga pengecoran jalan yang tidak bisa bertahan lama.

Akibatnya dana APBD ungkapnya, hanya habis untuk biaya perawatan. “Sehingga berbagai proyek untuk kepentingan masyarakat lainnya, tidak bisa dianggarkan karena dananya hanya dipakai untuk pemeliharaan saja,” sesalnya.

Kurang bagusnya kualitas proyek fisik di Banyuasin sebutnya, karena kurangnya pengawasan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) maupun anggota dewan.  “Salah satu tugas dewan itu, adalah pengawasan. Kenapa kalau banyak proyek fisik yang kualitasnya tidak baik, hanya didiamkan saja. Harusnya itu jangan dibiarkan,” urainya.

Karenanya ia berharap anggota dewan yang terpilih dari Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) lalu, bisa berbuat lebih banyak untuk kepentingan masyarakat. “Kami berharap anggota dewan yang baru, lebih pro aktif dan pengawasan harus lebih ditingkatkan,” pintanya.

Menurut Karyono, masyarakat berharap kinerja anggota DPRD Banyuasin periode 2014-2019 lebih produktif dibandingkan sebelumnya. “Anggota dewan yang baru ini, harus mampu menunjukkan kinerjanya kepada masyarakat. Sehingga citra dewan yang selama ini, kurang baik dimata masyarakat bisa berubah,” tukasnya.

 

TEKS       : DIDING KARNADI

EDITOR      : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *