Kader PAN : Harusnya Amin Rais pun Dipecat

Lucianty Pahri,salah satu caleg DPRD Sumsel terpilih dari dapil MUba yang dipecat oleh DPP PAN menunjukkan SK pemecatannya. Lucianty bersama caleg PAN lainnya yang dipecat, kini menggugat ke MPS PAN atas ketidakadilan yang mereka terima. Foto : Soni Kushardian

Lucianty Pahri,salah satu caleg DPRD Sumsel terpilih dari dapil MUba yang dipecat oleh DPP PAN menunjukkan SK pemecatannya. Lucianty bersama caleg PAN lainnya yang dipecat, kini menggugat ke MPS PAN atas ketidakadilan yang mereka terima. Foto : Soni Kushardian

PALEMBANG – Penyebab pemecatan yang dilakukan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) terhadap sejumlah kader, pengurus dan calon anggota legislatif (caleg) terpilih di Sumatera Selatan (Sumsel), akhirnya mulai terkuak.

Pemecatan tersebut ternyata dilatari kekalahan pasangan Prabowo-Hatta di Pemilihan Presiden (Pilpres) lalu. Kekalahan itu dituding, karena tidak bekerjanya secara maksimal sejumlah kader dan pengurus partai berlambang matahari terbit itu di daerah.

“Surat pemecatan saya sebagai kader, sudah saya terima pada 25 Agustus lalu. Surat itu, ditandatangani oleh DPP pada 12 Agustus. Dalam surat tersebut, alasan pemecatan karena sebagai ketua harian tim pemenangan Prabowo-Hatta di Muba, saya dianggap tidak sungguh-sungguh sehingga Prabowo-Hatta kalah di Muba,” kata Lucianty Pahri, salah satu caleg terpilih DPRD Sumsel yang dipecat kepada wartawan di Newton Kopitiam, Palembang, kemarin.

Lucianty sendiri, adalah Bendahara DPW PAN Sumsel. Ia terpilih sebagai anggota DPRD  Sumsel periode 2014-2019 dari daerah pemilihan (dapil) Muba, dengan perolehan 72.842 suara. Selain Lucianty, caleg terpilih DPRD Sumsel lainnya dari dapil Muba yang dipecat DPP PAN adalah Mardiansyah.

Alasan pemecatan tersebut tak diterima oleh Lucianty, dkk. Sebab menurut Wahidin Sudirohusodo, caleg PAN lainnya yang dipecat, alasan itu terlalu dibuat-buat. Pasalnya,  jika kekalahan Prabowo-Hatta yang menjadi penyebab, harusnya DPW PAN Sumsel dan daerah lainnya yang juga kalah saat Pilpres lalu juga di evaluasi.

“Kami tidak menggunakan narkoba, dan berbuat asusila namun kenapa dipecat. Kalau alasannya, karena kekalahan Hatta Radjasa di Pilpres lalu bukan hanya di Muba tetapi juga di provinsi lain,” kata Wahidin.

“Harusnya Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN, Amin Rais juga dipecat. Karena, di Tempat Pemungutan Suara (TPS) menggunakan hak suaranya, juga kalah. Pernyataan ini diungkapkan oleh Amin Rais langsung, saat kami menghadapnya di Jakarta,” ungkap caleg DPRD Sumsel dari Dapil Muba dengan nomor urut 3 ini.

Karena alasan pemecatan tersebut mengada-ada, sehingga Lucianty dkk pun mengajukan gugatan ke Majelis Penyelesaian Sengketa (MPP) DPP PAN. Mereka akan meminta MPS merehabilitasi status mereka.

Sementara itu Ketua MPP DPD PAN Muba, HM Senen Putra menambahkan, akan menghadap Ketua MPP PAN, Amin Rais agar menyelesaikan persoalan tersebut. Ia berharap persoalan itu, bisa diselesaikan secara musyawarah di internal partai.

Baginya, pemecatan itu tidak sesuai dengan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) PAN. “Setelah saya mempelajari kembali AD/ART, pada pasal 12 diterangkan pemecatan hanya bisa dilakukan atas tiga hal. Pertama meninggal dunia, mengundurkan diri dan dipecat karena sanksi partai. Saya tidak tahu sanksi apa yang diberikan kepada Lucianty dan lainnya sehingga dipecat, apakah menang di Pilpres adalah kewajiban multak. Mereka juga sudah bekerja maksimal,” tegasnya.

Ditempat yang sama, kuasa hukum Lucianty dkk, Febuar Rahman menerangkan, kliennya sudah mengajukan gugatan ke MPS. Gugatan itu disampaikan sebagai bentuk pertanggungjawaban kliennya terhadap masyarakat yang telah memilih mereka di Pileg lalu.

“Gugatan itu nantinya, akan diperiksa oleh MPS. Namun keputusan MPS ini, bukan final. Tidak menutup kemungkinan ada upaya hukum lain yang dilakukan klien kami nantinya, namun mereka sangat mencintai PAN, mereka berharap persoalan ini bisa diselesaikan di internal,” tukasnya.

 

TEKS         : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR         : DICKY WAHYUDI 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *