Ada TPS Liar di Sukawinatan

Tempat Pembuangan Sampah Liar | Dok KS

Tempat Pembuangan Sampah Liar | Dok KS

PALEMBANG – Semenjak tiga bulan terakhir, warga Jalan Pangeran, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukarami, Palembang, merasa resah. Pasalnya lahan kosong dekat pemukiman warga, dijadikan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar.  Padahal, sekitar 500 meter dari TPS liar itu, ada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) milik Dinas Kebersihan Kota (DKK) Palembang.

Waluyo (43), salah satu warga dikawasan tersebut menyebut lahan kosong yang dijadikan TPS liar itu, memiliki luasan lebih kurang satu hektar. Menurutnya, TPS liar itu sudah membuat lahan tersebut seperti kubangan sampah, sehingga menimbulkan bau yang menyengat.

“Seharusnya dibuang di TPA Sukawitan, kan jaraknya tidak jauh. Parahnya lagi, sampah-sampah disana selalu dibakar, setiap sore sekitar pukul 16.00 WIB. Sehingga asap bau kemana-mana. Pakaian juga ikut bau, terkena asap sampah itu,” keluhnya saat dibincangi, Minggu (31/8).

Menurtu Waluyo, hal tersebut sudah menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, dalam hal ini DKK Palembang untuk segera meninjau dan mengangkut sampah di lahan kosong itu untuk dipindahkan ke TPA Sukawinatan.

“Sudah hampir tiga bulan ini kami menghisap asap bekas, bakaran sampah di TPS liar itu. Lahan disana, sudah tiga bulan terakhir di gunakan TPS liar akibatnya pemukiman kami jadi kumuh dan bau,” ujarnya.

Sementara itu, Dedi, warga lainnya mengatakan, sampah yang dibuang dilahan kosong tersebut, biasanya menggunakan motor sampah.  “Kalau sampah sudah menggunung, kemudian dibakar seperti ini kan warga yang akan dirugikan. Karena banyak dampak negatifnya,” sesalnya.

Dedi berharap, sampah yang sudah menggunung itu segera diangkut ke TPA Sukawinatan. Karena sebutnya, itu sudah menjadi tugas DKK Palembang. “Kami tidak tahu, apakah DKK sudah tahu atau belum. Mungkin saja mereka tahu, tapi dibiarkan saja warga buang sampah sembarangan,” tukasnya.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR        : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *