OJK: 2015 BSB Harus Bangkit

Ilustrasi BSB | Dok KS

Ilustrasi BSB | Dok KS

PALEMBANG – Bank SumselBabel (BSB) ditargetkan harus kembali bangkit dari keterpurukan hingga 2015 mendatang. Hal itu diungkapkan Deputi Komisioner Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Heru Kristiyana dalam siaran persnya kemarin (28/8).

Heru  menegaskan, masalah yang melilit bank milik daerah Sumsel ini berasal dari manajemen sebelumnya itu harus memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang benar bila ingin memberikan kredit kepada masyarakat.

“Berkaca dari permasalahan masa lalu, apabila ingin memberikan kredit harus menciptakan SOP yang benar. Kita harus mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) profesional dan teknologi informasi yang baik,” jelas Heru.

Bila SOP siap, maka semua bisa berjalan serasi dan selaras. Ia mencontohkan, apabila BSB ingin fokus di salah satu sektor, maka faktor utama yang harus disiapkan yakni SDM, Informasi Teknologi (IT) serta SOP.

“Ini pembelajaran yang harus kita ambil dari permasalahan lalu. Semua ini sudah dimiliki oleh manajemen yang baru. Mereka dapatkan setelah melakukan update perkembangan BSB,” terangnya.

Turun tanggannya OJK, diakui Heru adalah hal yang biasa dilakukan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan BSB. Pihaknya menilai, perkembangan BSB dengan kepemimpinan yang baru sudah baik. “Jadi BSB tetap akan berusaha agar bisa bersaing dengan bank lainnya,”katanya.

Heru melihat, pimpinan BSB yang baru ini sudah profesional dan memiliki semangat kerja yang tinggi. Sehingga perkembangannya sudah cukup baik. Banyak hal yang sudah diperbaiki BSB, seperti memiliki SOP baru, men-training SDM dengan baik, mulai me-recovery hal-hal yang dahulunya bermasalah.

“Memang ada target-target yang ingin mereka capai, dan kita sadar tidak bisa tercapai seketika. Target mereka di 2015 ini bisa clear semua permasalahan yang ada. Saya kira tidak ada kendala berarti yang mereka temui untuk saat ini,” tutupnya.

 

TEKS     : SONNY KUSHARDIAN

EDITOR    : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *